Halo, semuanya. Sudah lama ya saya nggak cerita-cerita mengenai rumah kami. Ada yang kangen, nggak kalau saya bahas soal #HouseTalk lagi ? Beluuum, belum direnov kok. Belum pindah juga ke yurop. Wekekeke.

Kali ini, saya mau cerita yang ringan-ringan saja. Temanya adalah ruang tamu rumah kami. Yang mana selalu saya ulang-ulang tiap kali saya bercerita tentang #TheMuhandokosNest bahwa rumah kami kecil cuma type 40 dengan sket bawaan developer.

Jadi, ruang tengah ini jadi semacam ‘pusat kegiatan keluarga’. Ya nonton TV, ya dipakai buat area kerja Mr. M, ya ruang tamu, ya ruang makan ( dulunya ), ya dapur kering ( dulunya ), ya area laundry ( tempat mesin cuci saja ).

Singkat kata, apa pun yang kami lakukan, kami masih dapat saling ‘melihat’ aktivitas anggota keluarga yang lain. Saya sedang memasak ataupun mencuci baju, tetap dapat mengobrol gossip terbaru dengan suami yang sedang menggambar di depan komputer, misalnya.

Kemudian, sejak anggota keluarga kami bertambah dan si kecil resmi menyandang gelar The Little Explorer, maka tentunya fungsi ruang tamu ini pun bertambah.

Wah, gimana caranya ?

Solusinya tentu saja dengan renov tipis-tipis. Hahahaha. Jadi, sejak sebulan yang lalu ruang makan dan dapur kami pindahkan ke teras belakang. Sehingga, ruang tamu menjadi agak longgar. Kemudian, tambahkan satu lagi fungsi di dalamnya : sebagai ruang bermain anak.

Yakin, nih? Ruang tamunya kan cuma berukuran 4 x 3 meter persegi. Apa cukup menampung semua kegiatan yang saya sebutkan di atas ?

Hm, cukup-cukup aja kok. Memang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin berkreasi dengan ruang tamu yang mempunyai luasan terbatas.

Beberapa tips di bawah ini sudah kami coba dan cocok kami terapkan di rumah kami.

1. Jangan beri sekat / pembatas solid.

Memang, ruang tamu saya dituntut untuk punya banyak fungsi sekaligus. Tapi, kami tidak memberikan sekat sebagai penanda perbedaan fungsi ruang. Biarkan saja ruangan tersebut terkesan lapang tanpa pembatas.

Tapi, oh ya, ada satu furnitur multifungsi yang kami letakkan untuk menghalangi mesin cuci yang ada di depan kamar mandi dari pandangan orang dari pintu masuk atau pun dari ruang tamu.

Sekat ini, tingginya hanya sebatas leher orang dewasa. Jadi, tidak menciptakan ‘dinding’ baru di ruangan yang sempit.

2. Menggunakan perabotan yang bersifat multifungsi

Seperti yang sudah saya ceritakan di poin pertama, kami punya furnitur multifungsi yang juga bisa dijadikan sekat.

3. Langit-langit yang tinggi

Hamdalah, untungnya rumah bawaan ini punya plafon yang lumayan tinggi. Sekitar 3.5 meter dari lantai. Jadi, membantu kami untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih luas.

4. Maksimalkan pencahayaan alami.

banyak cahaya.jpg

Poin ini juga terpenuhi di rumah kami. Selepas subuh hingga jam 5 sore, kami tidak membutuhkan bantuan penerangan dari nyala lampu. Selain menghemat energi, rumah yang terang juga terkesan lapang.

5. Buat satu dinding sebagai titik fokus

6. Dinding berwarna putih atau cerah

7. Jangan takut berekspresi

Nah, poin ini adalah poin favorit kami. Dompetnya tolong diamankan. Hahaha.

Eitttsss… tunggu dulu. Dimana ada kemauan, disitu pasti ada jalan. Tidak semua interior itu mahal kok. Asalkan kita pandai memilih, insyaAllah bisa disesuaikan dengan isi kantong.

Emang ada, gitu? Tempat yang lengkap tapi juga menyediakan harga yang bisa disesuaikan dengan kemampuan kantong?

Eits ada dong! Bisa dibeli secara online juga. Plus, ada reward pula.

Sini saya bisikin, kalian bisa intip-intip store nya INFORMA. Kalau nggak bisa datang ke offline store, bisa ngintip online store nya juga kok. Jangan kuatir.

Jadi, INFORMA nih punya unique selling point. Diantaranya :

  1. Mudah : Store INFORMA tersebar di seluruh Indonesia dan bisa dibeli secara online. Hari gini kita terbantu banget pastinya dengan kemudahan berbelanja via onlie, bukan ?
  2. Lengkap : Informa menyediakan berbagai macam produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan mulai dari produk untuk kamar tidur, kamar mandi, dapur, kantor, hingga aksesoris rumah tangga.
  3. Informa Rewards : Nikmati keuntungan lebih jadi member mulai dari gratis pengiriman hingga bayar pakai poin.

Pssstt…. INFORMA juga tersedia dalam aplikasi di play store. Tinggal install dan voila! Katalog INFORMA ada dalam genggaman tangan kita.

Bagaimana cara menjadi member INFORMA ?

  1. Daftarkan diri Anda melalui website Informa
  2. Isi seluruh data diri dengan lengkap dan benar
  3. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp100.000 di store Informa terdekat
  4. Setelah transaksi pembayaran berhasil, Anda akan mendapat email berisi nomor member dan nomor TIM (Temporary Informa Membership)
  5. Download aplikasi Informa di smartphone Anda
  6. Klik tombol member di kanan atas dan akan muncul Anda Ingin Konfirmasi Member atau Daftar Baru? Klik Disini pada bagian bawah, lalu masukkan nomor member dan nomor TIM
  7. Selamat! Anda sudah menjadi member Informa Rewards

Poin Informa Rewards.jpg

situs informa.jpg

Tampilan online store nya juga mudah digunakan. ada beberapa kategori yang dapat dipilih sesuai keinginan kita.

 Gimana, gimana, gimana? Asyik nggak?

Kalau saya nih ya, serunya sih bisa ngintip barang-barang dulu via online store. Diintipin dulu harganya, hahahah penting banget nih cocok apa nggak sama budget kami.

Nah, INFORMA membantu kita dalam memilih gaya apa sih yang cocok sama kita ? Jadi, kita nggak bakal cap cip cup beli-beli tapi nggak terarah. Endingnya mubadzir aja karena barang yang kita beli bisa jadi tabrak gaya antara satu sama lain.

4 gaya inspirasi rumah – home décor ala INFORMA diantaranya ada :

  1. Glamorous déco
  2. Neo Deco Candy
  3. Graphical Pop
  4. Solid Harmony

INSPIRASI HOME DECOR.jpg

Kalian bisa mencari tahu langsung di sini mengenai berbagai gaya tersebut.

Balik lagi ke rencana kami mendekor ulang ruang tamu kami. Kami memilih gaya Neo Deco Candy.

Kenapa memilih Neo Deo Candy ?

Neo Deco Candy menghadirkan tampilan ruangan yang chic dan fresh dengan paduan warna-warni pastel yang kekinian. Kombinasikan dengan hiasan dinding motif oval yang siap memperkuat nuansa ruang.

neo candy 2.jpg

Nah, prinsip gaya ini selera kami banget nih. Dan balik lagi ke poin-poin desain yang kami sebutkan di awal tadi, desain ini mengusung warna cerah, sehingga cocok aja diterapkan di rumah dengan luasan terbatas.

Mau ngintip hasil kami mengulik catalog INFORMA?

neo deco candy inspirasi.jpg

 

Nah, karena judulnya adalah ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang bermain anak, maka kami tidak memilih set furnitur yang rumit. Kami memilih yang multifungsi. Rak putih nantinya bisa difungsikan sebagai rak penyimpanan mainan dan buku-buku anak. Kalau mainan yang kecil-kecil bisa disimpan ke dalam kantung penyimpanan terlebih dulu biar rapi.

Kemudian, nakas Aleta selain berfungsi sebagai tempat pemanis, juga bisa berfungsi sebagai tempat penyimpanan.

Gimana, tertarik buat mendesain ulang interior rumah seperti kami?

Mungkin, kalian bisa mulai mengintip dari INFORMA.

One thought on “#HouseTalk : Menata Ulang Ruang Tamu Di Rumah Mungil Untuk Berbagai Fungsi”

  1. Kalau serba putih dengan sentuhan kayu dan tanaman yang belakangan ngehits itu gaya apa ya namanya?

    Aku juga pengen ndekor ulang ruang tamu, nambahin perabot ini itu, tapi nunggu renov selesai dulu *entah kapan* biar gak ribet beres2nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *