special brewjust for you

#ApaKabarLittleM ?

Alhamdulillah sudah sembilan belas bulan dan he’s doing great 🙂

Alhamdulillah udah bisa jalan, lagi doyan lari sampe nubruk-nubruk, lagi doyan jalan mundur, dan lagi doyan peluk-peluk mamahnya.

I’m a pretty proud momma 😛

Sembilan belas bulan, artinya tinggal sebentar lagi waktu saya untuk mengoptimalkan pertumbuhan di 1000 hari pertamanya. Penelitian menunjukkan bahwa periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode penting bagi bayi, dimana pertumbuhan yang diperoleh dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya, sampai bayi beranjak dewasa.

Sampai sini, boleh mewek ? Saya suka mellow aja kalau tersadar si bocah akan beranjak dewasa. Karena itu artinya saya akan semakin beranjak tua.

Nah, biasanya kalau selepas melahirkan, ada yang mendapat kado satu set paket perawatan bayi nggak sih?  Kalau boleh saya sebut merek, biasanya dari Johnson’s Baby.

Ah, ya karena saya pun suka sekali memberi kado paket Johnson’s Baby ke teman yang baru melahirkan. Bukannya apa-apa, karena menurut saya paket tersebut lengkap. Dan salah satunya ada edukasi penting di dalamnya.Yaitu mengenai pijat bayi.

Saat ini, tugas kita sebagai orang tua, tidak hanya menyediakan nutrisi yang cukup, namun penting juga bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan cinta ibu, melalui ritual pijat dan mandi bayi.

Pijat bayi ini tidak sesederhana yang mungkin sebelumnya kita pikirkan, lho. Ada  banyak manfaat pijat bayi yang mungkin sebelumnya diabaikan oleh para orang tua.

Manfaat pijat bayi secara fisik :

  • dapat meningkatkan sistem imunitas bayi
  • membantu saluran pencernaan menjadi lancar dan makanan pun dapat diserap dengan lebih baik
  • meningkatkan nafsu makan
  • membantu bayi agar dapat cepat berjalan

 

 

Sedangkan Manfaat pijat bayi secara psikis :

  • dapat merilekskan bayi
  • bayi jadi less-stress
  • dapat mengurangi kerewelan bayi
  • membantu memaksimalkan pertumbuhan otak bayi
  • juga dapat meningkatkan kualitas tidur bayi.

 

Hai, kamu-kamu yang saat ini hobi galau, baperan parah, sukanya ngomong ‘akutu gak bisa kalau diginiin terus’, coba deh tanya sama Mamah, dulunya kamu rutin dipijat sama Mamahmu nggak ?

Konon katanya bayi yang rutin dipijat, efek jangka panjangnya bisa membantu anak untuk lebih mudah bersosialisasi. Hal ini terjadi karena bayi terbiasa dipegang dan disentuh, juga ada kontak mata dengan pemijat saat sesi pemijatan berlangsung.

Karena nggak mudah lho bagi bayi untuk bisa langsung nyaman dan klik dengan pemijatnya. Pemijat harus punya rasa percaya diri yang bisa ditularkan ke bayi, hingga bayi pun bisa nyaman. Contohnya Little M sendiri. Kalau dipijat sama mbok pijat yang udah sepuh, dia pasti teriak-teriak memberontak ndak suka. Kalau dipijat sama terapis yang masih muda, dia menikmati sekali bahkan sampai ngoceh ngoceh.

Anak siapa ini, hah ? Ngaku hayo ngaku 😛

 

Nah, dari sini saya contek beberapa ilmu yang bisa diterapkan agar saya sendiri makin  yakin dan percaya diri untuk memijat Little M.

 

Sebelumnya, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Diantaranya :

  • Jangan memijat bayi setelah makan atau pun minum
  • Jangan memijat bayi saat bayi dalam kondisi sakit
  • Jangan memijat tulang belakang bayi
  • Jangan membangunkan bayi yang sedang tidur hanya untuk memijatnya
  • Cuci tangan dan pastikan tangan kita bersih, kuku kita tidak panjang dan tajam, dan tanggalkan perhiasan pada tangan dan jari agar tidak melukai kulit bayi
  • Pilihlah alas yang datar dan nyaman untuk bayi
  • Mulai dengan sentuhan ringan. Jangan memijat bayi dengan tekanan terlalu keras dan memaksakan posisi atau tekanan tertentu pada bayi.
  • Lakukan kontak mata, senyum, dan buat bayi senyaman dan sebahagia mungkin saat dipijat.

 

Langkah – langkah Pijat Bayi Dengan Sentuhan Cinta :

Pemijatan di daerah wajah :

  1. Caress love : tangan ibu di area wajah bayi. Pemijatan dimulai dari bagian tengah dahi mengarah ke pelipis
  2. Relax : pemijatan dari ujung alis mengarah ke pelipis. Gunakan ibu jari.
  3. Cyrcle down : Pemijatan dimulai dari sudut mata melingkar ke pelipis. Kita bisa menggunakan ibu jari maupun jari telunjuk
  4. Smile : Pemijatan dimulai dari atas mulut bayi lalu ditarik ke arah pipi. Panduan gerakannya seperti senyuman bayi.
  5. Cute : pijatan dari bagian belakang telinga hingga dagu bayi.

dagu.jpg

 

pelipis.jpg

Pemijatan di area Dada :

  1. Butterfly : Pemijatan dengan gerakan lembut di dada. Polanya seperti sayap kupu-kupu.
  2. Cross : pemijatan dengan gerakan menyilang kedua tangan secara bergantian

 

Pemijatan di area perut

  1. Mengayuh : pemijatan dilakukan dari perut bagian atas mengarah ke bawah, dilakukan secara bergantian.
  2. Bulan Matahari : pemijatan dilakukan dengan cara memutar kedua tangan seperti bentuk bulan dan matahari searah jarum jam.
  3. I Love you : pemijatan dilakukan dengan cara gerakan membentuk huruf I pada bagian perut bayi sebelah kiri. Selanjutnya pemijatan mengarah ke bagian kanan mengarah ke bagian tengah perut bayi dengan membentuk huruf L terbalik. Terakhir, pemijatan memutar di bagian tengah perut bayi membentuk huruf U terbalik.
  4. Walking finger : gerakan jari-jari berjalan di atas perut bayi dari bagian kiri searah jarum jam.
  5. Relax : Pemijatan dilakukan dengan cara menarik kedua kaki bayi hingga posisi paha menekan pada perut. Durasi dengan hitungan delapan ketukan.

 

Pemijatan di daerah lengan dan dada :

  1. Milking :
    • Milking india : pemijatan dilakukan dengan gerakan memerah (milking) lembut tangan bayi, dari pangkal tangan hingga pergelangan.
    • Milking swedia : pemijatan dilakukan dengan gerakan memerah dari pergelangan  hingga pangkal tangan bayi.
  2. Rolling : pemijatan dilakukan dengan cara gerakan menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan.
  3. Squeezing : pemijatan dilakukan dengan cara seperti gerakan memeras baju. Tetap dilakukan dengan lembut ya buibuuu. Bayinya jangan diperes gemes kek meres cucian laundry 😛
  4. Thumb after thumb : pemijatan dilakukan dengan cara memijat telapak dan punggung tangan bayi.
  5. Spiral : pemijatan dilakukan dengan cara gerakan memutar pada telapak dan punggung tangan bayi
  6. Finger shake : pemijatan dilakukan dengan cara gerakan menggoyang dan memijat-mijat lembut jari jemari bayi.
  7. Relax : pemijatan dilakukan dengan cara menyilangkan kedua tangan bayi di depan dada. Lalu, silangkan kedua kaki bayi hingga menyentuh telapak tangan bayi.

dada.jpg

Pemijatan di daerah kaki

Pemijatan dilakukan dengan gerakan dan tata cara seperti pemijatan di daerah lengan. ( tanpa mengikutkan gerakan Rolling ).

 

Pemijatan di daerah punggung

  1. Go back forward : pemijatan dilakukan dengan cara gerakan memijat maju mundur cantik.
  2. Slip : pemijatan dilakukan dengan cara gerakan meluncur di atas punggung bayi.
  3. Mengayuh : pemijatan dilakukan dengan cara gerakan memijat bergantian dengan kedua tangan, dari leher mengarah ke bokong. ( PS: bahaya. Karena saya suka sekali gemas dengan bokong bayi yang uwel uwelable. Rasanya pengen kugigit 😛 )
  4. Spiral : pemijatan dilakukan dengan cara gerakan memutar menggunakan dua tangan kita pada punggung bayi
  5. Menggaruk : pemijatan dilakukan dengan cara gerakan seperti menggaruk pada punggung bayi.

 

Bagaimana-bagaimana ? Apakah panduan di atas sudah cukup jelas ? Oh, ya. Pijat bayi dengan sentuhan cinta ini bisa menggunakan lotion dan olive oil. Saat bayi belum mandi, kita bisa memijatnya dengan menggunakan media olive oil. Ketika menjelang tidur, kita bisa memijat dengan menggunakan media lotion. Jangan kuatir, kesemuanya ada dalam varian produk dari Johnson’s.

olive oil

Kampanye Sentuhan Cinta :

Sejalan dengan target pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia,JOHNSON’S® sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta. 

 

peserta pijat bayi johnson.jpg

 

Program ini mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas.Dalam menjalankan kampanye ini JOHNSON®  akan bekerja sama dengan Habitat for Humanity, Alfamart dan Shopee.

 

Kita pun bisa turut mendukung misi mulia ini, lho teman-teman. Bagaimana caranya ?

 

Kita bisa ikut berdonasi dengan melakukan minimum pembelian Rp. 25,000.- untuk setiap produk Johnson’s di Alfamart dan Shopee, Atau kita bisa beli Johnson’s Baby oil 125 ml atau Johnson’s baby lotion 200 ml di toko lainnya yang ikut program Sentuhan Cinta. Dari setiap transaksi, akan didonasikan Rp. 500,- guna membantu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur agar bayi dapat tumbuh sehat dan berkembang secara optimal.

 

Tidak cukup berhenti disitu saja, untuk memastikan bayi Indonesia mendapatkan perawatan yang terbaik, JOHNSON’S® melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari JOHNSON’S untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

 

 

Bagaimana, setelah mendapat edukasi mengenai tatacara pemijatan bayi, apakah ibu-ibu semakin semangat untuk mempraktekkan sentuhan cinta kepada buah hati kita?

Seperti yang sudah saya uraikan di awal, yuk, semangat memberi sentuhan cinta di masa periode emas mereka.

Xoxo,

Nana

 

Photos courtesy : The Urban Mama

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *