Halo, kenalkan namaku Jinen….eh wait wait wait, tunggu tunggu, kata Mamah kalau aku mau kenalan di blognya Mamah, pakai screen name Little M aja. Kata Mamah lagi, teman-temannya Mamah sudah mengenalku dengan nama itu. Ihik, ceritanya aku udah terkenal nih?

Baiklah, aku ulangi ya. Halo, kakak kakak semua. Kenalkan aku Little M. Anak ganteng dan pinternya Mamah dan Papah. Kali ini, aku pinjem blognya Mamah buat cerita-cerita sama kakak-kakak sekalian. Pasti bosen kan kalau Mamahku terus yang cerita.

Ehm, bulan ini usiaku sudah 15 bulan. Aku sudah nggak mau disebut bayi lagi. Aku Anak Bayi Gede. A-Be-Ge. Kalau dihitung-hitung sih gigiku sudah ada enam. Udah mantep bener kalo dipakai buat gigit-gigit. Ayoo, sini sini siapa yang mau kugigit? Hihihi.

 

7

 

Kakak – kakak sekalian pasti sudah tahu kan kalau Mamahku rajin menulis tentang rekap update milestoneku ? Semuanya dirangkum dalam postingan #ApaKabarLittleM . Jadi, dalam postingan-postingan tersebut Mamah menulis tentang tumbuh kembangku tiap bulan. Baik mengenai perkembangan secara fisik maupun psikis.

Nah, selain Berat Badan dan Tinggi Badan, salah satu hal yang digarisbawahi  oleh Mamahku adalah mengenai perkembangan motorik halus dan kasar. Sebenarnya, ketika berbicara mengenai tumbuh kembang anak, ada banyak sekali aspek – aspeknya. Ada banyak pula parameter – parameter beserta red flag atau batasan usia tertentu untuk setiap pencapaian kemampuan bertumbuh dan berkembang yang harus diperhatikan khususnya oleh orang tua.

Kesemuanya harus bersinergi antara pemberian nutrisi dan stimulasi.

Tapi, kali ini aku akan cerita mengenai garis besar motorik halus dan kasar secara sederhana saja ya. Let’s make it simple.

Apa itu motorik kasar ?

Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagian besar atau seluruh anggota tubuh, yang dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik.

Misalnya nih ya kemampuan duduk, menendang bola, berlari, atau naik turun tangga, serta hal-hal yang berhubungan dengan keseimbangan tubuh ketika melakukan aktivitas fisik.

Aku masih belajar berjalan nih, Kak. Doakan semoga semakin mahir jalan dan bisa lari lari deh. Biar Papahku capek kalo kuajak kejar – kejaran. Hihihi.

Apa itu motorik halus ?

Motorik halus adalah kemampuan yang mempunyai hubungan dengan keterampilan yang melibatkan otot kecil beserta koordinasi mata-tangan. 

Pengertian bebasnya sih bagaimana kemampuanku mengendalikan dan menggunakan otot – otot kecil di tangan dan jari jemariku. Misalnya saja nih ya, aku udah jago memegang botol minumku sendiri, menggenggam benda-benda kecil seperti kepingan-kepingan biskuit kesukaanku, lalu HAP! kumasukkan ke dalam mulut untuk kucicipi rasanya.

Hihihihi, nanti kubisikin ya apa biskuit kesukaanku.

Untuk ke depannya, salah satu fungsi penting motorik halus adalah kemampuan untuk kemandirian. Misalnya saja :

  • menulis, yang berhubungan dengan kelenturan jari jemari dalam menggerakkan alat tulis.
  • kemandirian untuk makan
  • kemandirian untuk berganti pakaian sendiri.
  • Banyak deh contohnya.

Pasti ada yang bertanya-tanya mengapa aku bisa tahu banyak hal seperti ini, kan ya?

Mamahku dong yang cerita.

Meski Mamah pergi bekerja dari pagi sampai malam, tapi Mamah selalu menyempatkan waktu untukku lho. Jadi, Mamah selalu mengajakku berbicara dan bercerita tentang banyak hal kepadaku. Juga, selalu mengajak dan menemaniku bermain ketika Mamah sedang tidak bekerja.

Kata Mamah, salah satu kunci dari keberhasilan stimulasi motorik anak adalah keterlibatan orang tua di dalamnya.

Mamahku is the best deh pokoknya!

Kakak – kakak semua mau tahu nggak apa yang biasa aku lakukan sama Mamah? Sini sini sini aku bisikin.

  • Aku biasanya suka sekali kalau diajak bermain cilukbaa
  • Suka juga kalau diajak bermain di depan cermin. Biasanya aku selalu senyum – senyum ketika melihat pantulan wajahku. Aku jadi mikir : “Oh, muka bayi ganteng itu ternyata gini, toh.” Hahaha monmaap ya aku narsis ketularan Mamahku.
  • Duduk berhadapan dengan Mamah atau Papah, lalu kami saling menggelindingkan bola atau kaleng secara bergantian
  • bermain memasukkan ring ke dalam stacker
  • bermain menyusun kubus kecil. Tapi kadang-kadang aku suka kesel kalo Mamah berhasil menyusun kubus lebih tinggi dari punyaku. Jadi aku selalu usil, kuobrak-abrik aja punya Mamah biar roboh. Hihihihi.
  • membaca buku sama Mamah. Dan tentunya aku bagian membolak – balikkan halamannya. Buku kesukaanku adalah Peppa Pig dan buku – buku yang punya banyak foto hewan – hewan.
  • bermain memasukkan  barang ke dalam wadah.
  • belajar mencocokkan puzzle knob. tapi kalau yang ini aku mudah bosan karena uugghh sulit. Padahal Mamah sudah membantuku mensortir berdasarkan warna dan bentuknya lho. Moga-moga aku semakin semangat memainkan puzzle nya ya.
  • belajar berdiri dengan berpegangan. lalu lalu laluuuu….aku akan berjalan dan kemudian berlari ke pelukan Mamah.

 

Monde 2

8

Naaaahhh…… kalau aku pinter mainnya, Mamah biasanya kasih aku reward ketika snacking time berupa biskuit kesukaanku. Seperti yang aku ceritakan di awal tadi.

Biskuit apa itu ya?

 

Biskuit Monde Boromon Cookies.

Monde 3

Biskuit Monde Boromon Cokies itu apa sih?

Biskuit Monde Boromon Cookies adalah biskuit cemilan bebas gluten untuk anak-anak dengan rentang usia 1 – 5 tahun. Berbentuk kepingan-kepingan kecil yang sesuai dengan genggaman tangan bayi. Ketika dimasukkan ke mulut lalu terkena air liur, akan mudah meleleh hingga tidak sulit untuk dikunyah. Terutama untuk bayi gede seperti aku yang belum punya gigi geraham. Hihihihi.

 

Kemasan Monde Boromon Cookies

Satu box 120 gram terdiri dari 6 plastik isi 20 gram hingga terjamin kebersihannya. Praktis juga kalau misalnya aku diajak Mamah pergi, ambil satu atau dua plastik lalu bisa kumakan di jalan. HAP HAP HAP.

 

3

Bagaimana Rasa Monde Boromon Cookies ?

Ehh…bentar bentar aku ambil satu dulu trus kucicipi ya. Tunggu bentar yaaa. Wait wait wait….

Monde 1

Nyam nyam nyam.

Rasanya gurih, tapi gurihnya tidak terlalu tajam. Seperti rasa gurih ikan.

Nyam nyam nyam

Ketika meleleh di mulutku, rasanya ada hint manisnya. Tapi jangan kuatir, manisnya bukan manis berlebih gula. Tetapi manis gurih. Enak banget!

Nyam nyam nyam.

Gawat, aku nggak bisa berhenti nyemil nih.

 

Pantesan Papahku juga suka nyemil ini. Aku pernah liat Papah mengendap-ngendap ambil satu Monde Boromon Cookies ku. Uuugghh. Bikin kesel kan , ya ?

Nah, karena bentuknya berupa kepingan-kepingan kecil, kata Mamah, bisa juga digunakan untuk menstimulasi motorik halusku. Aku jadi belajar menjepit kepingan biskuit, lalu memasukkannya ke dalam mulutku.

Aku juga bisa belajar motorik yang ada di lidah dan mulutku, belajar mengeksplorasi rasa, bentuk, tekstur, serta melatih kemandirianku untuk menikmati sesi makan.

Ini salah satu stimulasi motorik cara asyik sih, menurutku. Dan kata Mamah, ini salah satu stimulasi aman. Karena kan aku doyan banget nih eksplor sesuatu dengan memasukkan ke dalam mulut sampai bikin Mamah bolak balik teriak “Apa ituuu yang dimasukin mulut hayyoo?”

Naaah, kalau pakai biskuit kan aman. Mamah nggak perlu teriak teriak sampai terbatuk – batuk. Uhuk uhuk uhuk.

 

Trus, trus, trus, kandungan nutrisi Monde Boromon Cookies apa aja ?

monde boromon cookies

 

Monde Boromon Cookies ini bebas gluten. Terbuat dari sari pati kentang. Mengandung campuran madu dan minyak ikan.

Memangnya, Gluten itu apa sih?

Kata Mamah, Gluten itu adalah protein yang bisa ditemukan pada jenis padi-padian, serealia, dan gandum. Yang mana, bagi sebagian orang dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Bagi orang yang alergi gluten, bisa menyebabkan gangguan pencernaan, kembung gas, diare, dan lain-lain.

Hiiiiii serem juga, ya?

Nah, kalau Kakak – kakak semua pada pingin cobain camilan Monde Boromon Cookies seperti punyaku ini, main main ke rumahku deh nanti aku kasih. Aku kan anak baik.

Hihihihih, becandaaaa……

Kakak – kakak bisa membelinya secara online maupun offline. Biasanya ada di supermarket – supermarket terdekat di kota tempat Kakak tinggal. Kalau Mamahku kemarin belinya secara online  di salah satu marketplace.

Atau bisa juga didapatkan di websitenya di www.mondemart.com

Nggak mahal kok, eehm…sekitar 15 ribuan untuk satu pak isi 6 bungkus kecil.

Jadi, bagaimana? Kakak – kakak mau ikut bermain stimulasi motorik denganku sambil snacking time ?

Aku tunggu lho yaaa…

 

With Laaaffff…

Little M 

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi menulis Biskuit Monde Boromon

4 thoughts on “Momen Asyik Menstimulasi Motorik Dengan Biskuit Monde Boromon”

  1. Halo little M, bilang ke mamamu, jangan paksa anak bayi menulis di blog, ih mamamu mah gitu, males, malah nyuruh anak bayi nulis wakakaka.

    Kamu kok ganteng sekali sih anak bayiiikkk..
    giginya sama kayak gigi si adek baby Adean.
    Udah 6, sukanya gigit-gigit

    Camilannya juga samah yaak, sepertinya kita wajib main bareng.
    Bilang ke mamamu, wajib banget playdate bareng.
    Besok saya tunggu di Cito yaaa..
    Harus datang, biar kita bisa playdate bareng sambil ngemil Boromon si cookies enak ajaib 😀

Halo, silakan meninggalkan komentar dengan baik dan sopan ya. Saya pasti akan senang sekali membalas komentar dari kalian :)