special brewjust for you

Hai hai hai, kembali lagi di cerita Little M update 14 bulan ya. Sebenernya, nggak terlalu banyak yang bisa diceritakan sih. Secara garis besar sama seperti update yang kemarin-kemarin.

Baca juga : #apakabarLittleM : Update Hari Ke 365!

Soal makan, (lagi-lagi) masih tetep ruwet. Dia ga mau kalo dimasakin sendiri. Maunya ngerusuh makanan orang lain. Hari Minggu saya masakin kentang + keju + daging cincang kan ya. Enak lho. wkwkw. Tapi dia ogah makan.

Siangnya, Mr. M bikin nasgor. Enak juga. Ya udah saya suapi sekalian si bocah. Tapi dia ga mau. Maunya ngerusuh doank. Trus disuapi bapaknya, eh mau. Coba saya suapi lagi, dia ga mau. Coba disuapi Mr. M, mau!

Hari ini menunya Salmon ( cuma dikasi bawang putih + unsalted butter + garem masukin slow cooker ). Oh ya btw ini saya baru nyoba beli UB merek anchor. Sebelumnya saya biasa beli merek Elle vire. Dan ternyata baunya jauh lebih sedep elle vire. Elle vire ini sedep bener lho, pas dibuka tutup slowker nya wiiihhh bau nikmat udah kemana mana tuh. Kalo bikin oseng telur pake ini wiiihhh sedep lah.

Pas sarapan, saya suapi Little M, eh dia ruwet. Yang nolak lah, yang mewek lah, yang minta minum lah. Tapi pas disuapi bapaknya, wow tanpa perlawanan sama sekali. Dia minta disuapi Mr. M, sementara kami harus udah berangkat kerja ( dan akkhirnya Mr. M telat. hiks ).

Yayayayaya….. udah bosen ama mamah nih ceritanya?

Nah, hasil dari googling sini-sana mengenai perkembangan bayi 14 bulan, ini beberapa list nya. Dirangkum dari berbagai sumber ya.

Perkembangan fisik 1-1,5 tahun

Berdiri dengan berpegangan pada perabot rumah walaupun kadang-kadang terduduk kembali — oke

Berdiri tanpa berpegangan — belum oke. kalo lagi lupa, Little M bisa berdiri tanpa pegangan. Tapi begitu ingat, dia langsung heboh cari pegangan.

Berjalan sambil berpegangan pada perabot rumah — oke

Berjalan sendiri beberapa langkah tanpa bantuan — belum oke.

Berjalan tanpa terjatuh — kalo jalan sendiri sih belum ya. kalo pake pushwalker dia udah lumayan bisa jalan rada jauhan. Tapiiiii….kalo dari awal udah keliatan kalo tracknya rada jauh, dia udah yang males duluan. Ga mau dorong pushwalkernya. Hahaha. Ini beberapa kali kejadian ketika kami mudik ke Mojokerto. Dia yang angot angotan gitu liat track jauh. Nah kalo di rumah saya kan sempit bener tuh, dia asik asik aja dorong dorong pushwalkernya.

Menaruh bola ke dalam kotak — bola kecil yang warna warni itu ya. udah dia udah oke

Menggelindingkan bola — bola kecil ya

Baca juga : Review Pushwalker Fisher Price Zebra

Kalau mau googling, ada buanyak banget sih info-info seperti ini. Saya biasanya suka baca-baca di sini yang ada kuis-kuis serta video stimulasinya. Lalu baca di sini. ( PS : saya suka sama bagian a letter buat anak beliau. jadi beliau ini nulis surat untuk anaknya via blog ).

Perkembangan bahasa

Untuk ngoceh-ngocehnya siiih, kok saya merasa dia akhir-akhir ini jadi pendiam alias ga sengoceh seperti yang pernah saya ceritakan di postingan sebelumnya ya. Nggak tau kenapa, mungkin lagi males aja.

Yang tetep sih mamma. Trus sisanya belum ada.

Interaksi

Nah, saya udah pernah cerita belum kalo kemungkinan si Little M ini rada rada introvert? Masih asumsi doank sih.

Jadi, dia ini lebih bahagia ada di rumah. Kalau ketemu orang baru suka sembunyi ngumpetin muka. Kalo disapa orang baru, dia malah ngamuk. Wwkwkww.

Kalo haus minta susu, dia nyodorin botol susunya. Kalau digodain,”Diisi air putih aja ah botolnya.” Eh dia ngamuk.

Ini anak siapa sih emosian mulu 😛

Sekarang punya hobi baru : jelajah seluruh isi rumah ( merangkak), trus obrakan satpol PP alias eker eker alias berantakin isi rumah. Kalau saya pulang dan buka pintu pagar, dia selalu sumringah lalu bergegas menghampiri. Saya udah GR duluan kirain dia pengen dipeluk atau gendong mama ya, eh ternyata mama cuman dilewatin doank. Papa juga dilewatin. Ternyata dia antusias liat pintu pagar terbuka dan berniat KABUR KE LUAR.

Dasar bayiiiikkkk.

Sementara itu dulu aja ya yang mau saya ceritain. Nanti kalau ada cerita baru atau hasil googlingan baru, saya cerita di sini lagi deh. Wkwkw.

Semacam mak mak edisi milenial nggak sih? Apa-apa langsung googling gitu. Arus informasi deras sekali jadinya harus pinter juga memfilter informasi yang diterima.

Ada pepatah : anak pertama dibesarkan dengan teori. Anak ke dua dibesarkan dengan pengalaman. anak ke tiga dibesarkan dengan sendirinya 😛

Xoxo,

Mamah nya Little M

16 thoughts on “#ApaKabarLittleM : Update 14 Bulan”

      1. Kalau di Belanda bukan biaya pendidikan sing dipikiri, soale sekolah gratis sampe 18 tahun. Sing dipikiri ga onok sing ngewangi haha. Tetangga tak bisa diberdayakan momong anak. Nitip daycare disubsidi pemerintah sih, lek kedua ortunya kerja. Lumayan subsidinya. Tapi yo ngeman2 balung ae. Jadi manak seperlunya 😆😆

  1. Pengalamanku 14 bulan masanya ngejar2 Teona karena lagi senengnya jalan. Sebentar lagi kamu pasti akan merasakan yg aku rasakan. Haha. Keren banget perkembangannya, esp CS disuapin bpknya dan byebye mama Nana 😂

    1. aha…ntar kucoba idenya. kalo di mertua kan ada pager depan. jadinya kalo siang digembok biar bocahnya ga kabur.

      kalo di rumahku kan ga ada pagernya. jadi buka pintu depan dia udah yang keluar trus duduk duduk di teras gitu

Tinggalkan Balasan