2

 

Mama ngerawat kulit pakai apa?”

“Aah…saya mah cukup dengan terciprat air wudhu saja sudah terlihat mempesona.”

Oke oke oke oke, mungkin saya termasuk salah satu mama yang pelit terhadap urusan perawatan kulit. Skincare ? Ciihh…apa ituh skincare?  

Sama diri sendiri saja saya seslebor itu, jangan jangan….. sama anaknya slebor juga nih?

Errr……

Jujur, awalnya iya. Saya kira mudah merawat kulit bayi, apalagi newborn. Cukup berpedoman pada : tidak usah dikasi macem – macem, nanti kulitnya aman aman saja. Oh, ternyata tidak bisa begitu, Cintaku.

Sampai pada akhirnya Sabtu, tanggal 29 September 2018 pada acara Mother and Baby Fair yang bertempat di Pakuwon Mall, saya berkesempatan mengikuti talkshow bersama Mustela Bebe, dengan narasumber dokter Intan dan Bapak Mohamad Nurhadi. Di sini saya mendapatkan pengetahuan baru mengenai jenis kulit bayi beserta perawatannya.

 

9

 

Nah, saya baru tahu, bahwa sejak lahir dan masa pertumbuhan, tak jarang bayi menderita gangguan kulit. Yang umum terjadi adalah ruam popok, ruam ASI, iritasi, dan kemerahan. Hal ini terjadi karena kulit bayi lebih sensitif dan rentan terhadap lingkungan sekitarnya.

Karena faktanya, kulit bayi itu :

  1. Lapisan pelindung kulitnya belum terbentuk secara sempurna
  2. Kulit bayi cenderung kering
  3. Kekayaan sel ( atau yang umum disebut stem cell )  kulit bayi sangat tinggi, dan cenderung menurun drastis di usia 0-2 karena faktor luar.
  4. Bayi terlahir dengan jenis kulit yang berbeda.

Menurut American Academy of Family Physicians atau yang biasa disebut AAFP, gangguan kulit adalah salah satu keluhan yang paling sering dialami bayi. Nah, bener banget sih ini. Dari lahir, Little M sudah pernah mengalami ruam ASI dan ruam popok. Dan ya, Little M sempat ‘salah’ memakai salah satu sabun bayi. Diklaim ramah bagi bayi, tapi ternyata ZONK bikin kulit Little M merah-merah dan kering. Sebel sekali saya waktu itu.

Awalnya, saya pikir semua jenis kulit bayi itu sama. Tapi ternyata, NO. Saat mengikuti talkshow kemarin, lagi-lagi saya baru tahu lho kalau ada 3 jenis kulit bayi pada umumnya.

 

WhatsApp Image 2018-10-16 at 07.34.37

 

Jenis – jenis kulit bayi :

  1. Kulit normal, dengan ciri – ciri lembut, lembab dan bersih. Jenis kulit ini sangat mudah dideteksi. Kenapa ? Karena saat disentuh, tekstur kulitnya sangat halus.
  2. Kulit kering dengan ciri-ciri kasar, bersisik dan kadang terkelupas. Jenis kulit ini dapat muncul disebabkan oleh beberapa faktor : diantaranya bisa didapat dari faktor genetik atau keturunan, lingkungan yang tidak bersih, atau bisa jadi karena penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok.
  3. Kulit dermatitis atopic dengan ciri-ciri sangat kering, gatal dan kadang ada bercak kemerahan. Biasanya didapat karena adanya faktor genetik atau keturunan, sistim imun yang rendah yang umumnya terjadi di daerah perkotaan dengan iklim kelembaban yang rendah. Umumnya terjadi pertama kali ketika bayi berusia 2 bulan hingga 1 tahun. Rasio resikonya berkisar 1 : 5. Yaitu 1 dari 5 anak beresiko. Jika anak sudah terdeteksi mempunyai kulit atopic, biasanya memilik resiko lebih tinggi terkena asma.

 

jenis-kulit-bayi

 

Nah, ketika salah dalam pemilihan produk perawatan waktu itu, saya sempat berpikiran bahwa jenis kulit Little M adalah kulit dermatitis atopic. Karena kulit Little M ketika itu timbul bercak – bercak merah dan terasa kering kalau pas dibelai. Tetapi faktanya, untuk melabeli kulit bayi sebagai kulit atopic pun tidak bisa sembarangan. Ada parameter tertentu yang harus benar-benar diperhatikan hingga diagnosa atopic bisa ditegakkan.

Mengacu pada klasifikasi di atas, kulit Little M ini cenderung normal. Ya gampangnya sih ketika diuwel uwel gemes, kulitnya terasa lembut dan lembab. Kulit mama mah BHAY! Kalah sama kulitnya Little M.

Selanjutnya apa yang harus dilakukan ketika kita sudah tahu jenis kulit bayi kita?

Tentunya merawat sesuai dengan jenis kulitnya. Produk dari Mustela Bebe bisa jadi salah satu jawabannya.

 

logo mustela

Sejak berdiri di Prancis pada tahun 1950, Mustela memahami bahwa kulit bayi unik dan butuh treatment khusus. Bekerja sama dengan dokter spesialis kulit, anak, toksikologi, alergi, ginekolog, dan apoteker, Mustela menghadirkan rangkaian produk perawatan spesifik untuk kulit bayi dengan terobosan melalui serangkaian riset. Keunggulan Mustela Bebe ada pada inovasi kandungannya yang diformulasi khusus untuk masing – masing jenis kulit.

Avocado Perseose adalah bahan aktif yang dipatenkan Mustela dan digunakan pada seluruh varian Mustela Bebe. Keunggulan dari Avocado Perseose ini adalah bahan yang alami dan sempurna untuk kulit bayi karena telah teruji secara klinis.

Tetapi bukan itu saja, untuk kulit kering, Mustela menggabungkanAvocado Perseose dengan Dermo Nutrition Complex. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan kelembaban dan kelembutan kulit bayi.

Sedang untuk kulit atopic, Mustela menggabungkan Avocado Perseose dengan Sunflower Oil Distillate. 

 

jenis-kulit-bayi-dan-anak

 

Mustela tersedia dalam varian perawatan :

1. Perlengkapan Mandi

Yang terdiri dari Cleansing Gel, Gentle Cleansing Gel, Gentle Shampoo.

2. Perawatan Kulit

Terdiri dari Hydra Bebe Body Lotion, Hydra Bebe Facial Cream, dan Massage Oil.

 

Nah, kurang pas rasanya jika saya sudah tahu mengenai jenis kulit Little M tetapi tidak mencoba langsung produk dari Mustela.

 

 

4

 

Yang pertama kali saya coba, tentu saja sabun mandinya. Bentuknya cair seperti sabun mandi pada umumnya. Baunya khas, bukan wangi fancy seperti sabun mandi bayi pada umumnya. Setelah mandi, saya usapkan Mustela Hydra Bebe. Dan ya, memang terasa lembut di kulit Little M. Apalagi saat ini Little M masih doyan merangkak, jadi lututnya hiiiih kasar.

Nah, kebetulan di pipi Little M kemarin muncul bercak merah kecil. Seperti mrunthus – mrunthus gitu. Saya yang teledor, entah karena dia salah makan pencetus alergen atau bisa jadi karena hawa panas. Yass, Surabaya sedang membara.

Saya coba olesin Facial Cream Mustela secara tipis – tipis. Dalam waktu 2-3 hari pemakaian teratur setelah mandi, perlahan bercak merah di pipi Little M memudar lalu menghilang.

Oh ya, favorit saya adalah Massage Oil nya. Dikemas dalam botol spray, jadi praktis saat digunakan. Teksturnya ketika pertama kali disemprotkan, tentunya ya cair sih, tetapi terkesan rich, greasy, tapi cepat menyerap ke kulit. Karena yaaaa Little M biasanya risih kalo ada yang pliket lengket di kulit gitu.

 

6

7

 

8

 

3

 

Pertanyaan selanjutnya, dimana kita bisa mendapatkan produk Mustela?

Beragam varian produk – produk varian Mustela Bebe bisa didapatkan di Mothercare, Viva Generic,  Guardian,  Century, Watsons, dan juga di Baby Shop terdekat. Untuk online bisa didapatkan di orami.com dan JDID.

Instagram : @mustelaindonesia
Facebook : Mustela Indonesia

 

Jadi, #ApaJenisKulitBayimu ?

5 thoughts on “Talkshow Mustela Bebe : Kenali Jenis Kulit Bayimu, Melindungi Hari Ini Untuk Hari Esok”

Halo, silakan meninggalkan komentar dengan baik dan sopan ya. Saya pasti akan senang sekali membalas komentar dari kalian :)