Screenshot_2018-04-01-01-50-24-01.jpeg
sumber : rawpixel.com

Merencanakan liburan dari jauh-jauh hari memang menyenangkan. Kamu bisa memilih tujuan wisatamu dengan seksama, dan juga membeli tiket online lebih awal agar mendapatkan harga yang terbaik. Namun sayangnya, ada hal-hal yang terkadang lupa meski sudah kita rencanakan dari awal. Salah satu contohnya adalah tentang dokumen yang dibutuhkan saat ingin berlibur. Baik itu saat berlibur di dalam negeri, ataupun di luar negeri.

Agar kamu tidak lupa, pastikan untuk menyiapkan dokumen-dokumen berikut ini ya. Tak mau kan jika sudah beli tiket online dari jauh-jauh hari tapi kemudian tidak bisa berangkat karena kelengkapan dokumenmu kurang?

 

Dalam Negeri :

Screenshot_2018-04-01-02-00-31-01.jpeg
sumber : @angkasapura_2

 

Untuk berwisata di dalam negeri, memang tidak memerlukan banyak dokumen seperti saat berlibur ke luar negeri. Tapi pastikan kamu membawa Kartu Identitas, Kartu ATM, dan juga tiket kamu. Pastikan juga untuk tidak hanya membawa satu kartu identitas kamu. Misalkan kamu membawa KTP, jangan lupa untuk membawa SIM atau mungkin kartu identitas kamu. Hal ini untuk berjaga-jaga saja jika di bandara tujuan kita membutuhkan konfirmasi data. Yang terakhir adalah tiket. Pastikan untuk menyimpan kode booking tiket online kamu di segala tempat penyimpanan, bisa juga kamu kirimkan ke teman travellingmu untuk berjaga-jaga saat HP kamu mati.

 

Luar Negeri:

 

Screenshot_2018-04-01-02-11-56-01.jpeg
source : kompas.com

 

Sedangkan untuk berwisata ke luar negeri, ada banyak dokumen yang harus kamu siapkan sebelumnya agar perjalananmu lancar jaya. Silakan siapkan dokumen-dokumen berikut ini ya :

Passport
Passport adalah dokumen penting yang harus kamu siapkan dan bawa saat menuju ke luar negeri manapun. Tanpa passport kamu tidak akan pernah bisa masuk ke negara lain. Jika kamu belum memilikinya, kamu bisa mendaftar dahulu ke kantor imigrasi terdekat atau daftar online agar tidak lama-lama mengantri.

Visa
Berbeda dengan Passport, Visa adalah alat bukti bahwa kamu diijinkan untuk masuk ke negara tujuan liburanmu. Visa tidak dibutuhkan jika kamu hanya berlibur ke daerah ASEAN. Yang menjadi tantangan untuk para traveller adalah, terkadang ada negara yang memiliki prosedur sangat rumit untuk bisa mengunjungi negaranya. Sebaiknya pilih saat low season saat mengurus Visa agar proses bisa cepat.

 

Screenshot_2018-04-01-02-15-35-01.jpeg
source : edunews.id

Tiket
Sama seperti liburan di dalam negeri, simpan kode bookingmu baik-baik dan jangan sampai lupa. Teruslah waspada dengan memastikan bahwa kamu bisa masuk meski HP kamu mati dan kode booking tiket online kamu ada di dalamnya.

Dokumen Tambahan Seperti KTP/Kartu Identitas Pekerja
Meski ke luar negeri, pastikan untuk tetap membawa dokumen tambahan seperti KTP, Kartu Identitas Pekerja, atau mungkin Kartu NPWP kamu. Kenapa? Karena terkadang petugas imigrasi meminta kartu identitas diri selain passport untuk mencocokkan data.

Kartu Kredit / Kartu ATM
Kalau yang ini untuk berjaga-jaga saat kamu kehabisan uang tunai di negeri orang. Usahakan kartu kamu berlogo VISA/Master agar bisa digunakan di manapun.

Itu tadi dokumen yang harus kamu bawa saat akan berlibur. Jangan lupa untuk mengambil foto semua dokumen kamu tersebut untuk berjaga-jaga hal buruk yang mungkin saja terjadi di kemudian hari. Selamat berlibur!

 

 

 

One thought on “Jangan Lupa Untuk Siapkan Dokumen Ini Untuk Berlibur di Dalam dan Luar Negeri”

Halo, silakan meninggalkan komentar dengan baik dan sopan ya. Saya pasti akan senang sekali membalas komentar dari kalian :)