Di sini ada yang suka gendong-gendong atau cium-ciumin bapaknya bayi ketika jenguk ibu yang baru melahirkan nggak? Ngakuuuu hayoooo ngakuuuu…..siapa yang doyan mencium bayi baru lahir ?

Ketahuilah gengs, mencium bayi baru lahir itu gak baik. Beneran nggak baik. Iya sih…..bayi baru lahir itu pastinya lucu, ngegemesin, bawaannya pengen nyokot gendong dan cium cium aja. Tapiiii……………….

Apa kalian bisa menjamin kalian bersih dari kuman?
Apa kalian bisa menjamin kalian ga bawa bibit penyakit ?

Nah, kalau kalian sendiri nggak yakin dan nggak bisa jamin kalau kalian bersih dari kuman, kenapa nekat mencium bayi baru lahir ?

Kan, udah cuci tangan. Udah pake hand sanitizer. Okeee….kalau ada yang ngeyel gitu juga gapapa. Yakin pas di perjalanan ke rumah bayi gak ada debu / kuman nempel di baju? Di badan? Di muka? Mau nyemprotin hand sanitizer ke seluruh badan ?

Saya nyinyir ya? Wkwkwk iyaaa saya emang nyinyir. Saya tipe emak emak posesip yang nggak begitu suka ketika anak saya dicium-cium pipi sama orang lain selain ortunya sendiri. Makanya, saya nerapin hal ini juga ke anak orang lain. Dari dulu, ketika menjenguk bayi baru lahir, dan saya ditawarin untuk gendong bayi, saya lebih sering nolak. Seinget saya, saya belum pernah mencium bayi baru lahir – bayinya orang lain maksudnya.

Alasannya apa? Pertama, karena saya nggak bisa jamin saya bersih dari kuman. Kan kasian bayi dan ibunya kalau ternyata saya nularin penyakit. Kedua, karena saya gak berani gendong-gendong anak orang, apalagi yang masih merah gitu…wkwkwk. Ketiga, karena biasanya anak kecil suka mewek kalo saya sok sok akrab mau gendong. Double wkwkwkw…

Dikatain songong? Gapapa, daripada anaknya situ kena kuman weeeekk? 😛

Kemarin, waktu jenguk sepupu yang baru lahiran, ditawarin buat gendong bayinya. Saya nolak dengan halus.

Pengalaman saya , ketika ada yang jenguk Little M, saya rada parnoan kalo ada yang ujug-ujug gendong. Trus diayun-ayun. Trus dicium-cium. Kalo gendong doank sih gapapa, lebih dari itu …. jangan donk ah. Kalo ada yang bantuin gendong, saya bisa nilep bentar ke kamar mandi kek, makan bentar kek…yaaa semacam itulah. Tapi pliissss jangan dicium.

Pernah juga, waktu saya mudik ke rumah tante, ada saudara yang dateng. Langsung ngeloyor ke kamar, langsung gendong bayi, langsung ciumin bayi. Padahal belum cuci tangan, belum cuci kaki, dan itu tangan abis megang sampah. Dan, beliau lagi batuk-batuk.

Nooooooooooooooooooooooo !!!! Tarooohhh anakkuuuuuu!!!!!

giphy

 

Saya langsung protes ke tante, berharap itu tamu segera ditegor. Karena yaaa…..saudara yang jauh lebih tua. Ga mungkin lah kalau saya yang ngelarang-larang.

Akhirnya tante bilangin baik-baik, secara halus biar nggak tersinggung. Bilang kalau Little M nggak suka didekati yang terlalu dekat selain sama ibunya sendiri. Lah kok anakku malah digendong trus diciumi lagi sambil ngeyel gak percaya.

giphy-1

Ada yang udah kejadian kok, bayinya dicium-cium banyak orang sampai sakit. Karena ya bayi sistem imunnya belum terbentuk sempurna sebelum mencapai usia 6 bulan. CMIIW. Kalau udah kejadian seperti itu, yang kasian siapa ? Bayi dan orang tuanya kan? Situ mau tanggung jawab?

Karena ketika kita mencium bayi baru lahir, bisa jadi ada percikan ludah  mengandung kuman yang menyebar di udara dan secara tidak sengaja terhirup oleh bayi.

Setidaknya, ada berbagai kerugian yang timbul dari mencium bayi baru lahir, salah satunya ya tertular penyakit. *ya iyalaaaah*

Bisa berupa penyakit batuk pilek (yang sering terjadi), sariawan, dan penyakit menular lainnya yang serem-serem. Coba deh googling sendiri sana. Bahahaha. Oh ya, ngomongin sariawan, beberapa waktu yang lalu Little M kena sariawan. Sampai sekarang pemicunya masih tanda tanya.

Baca juga : ASI Gak Berkualitas ?

Untungnya nih yaaa…untungnya…temen-temen yang jengukin Little M kemarin pada sopan-sopan, cuman gendong-gendong aja no cium cium. Ailaffyuuu all deh pokoknya gengs.

Jadi, gimana nih? Bayi kalian pernah dicium orang tanpa ijin? Atau justru kalian sendiri yang suka mencium bayi baru lahir ? Kalau memang pingin jenguk bayi dan pingin gendong, jangan lupa sangu hand sanitizer ya.

 

Laaffff,

Nana Middleton

17 thoughts on “Mencium Bayi Baru Lahir”

    1. iya, entah kenapa di sini kebiasaan cium bayi, dan satu lagi kebiasaan yang mungkin aku kurang sreg : anak kecil disuruh cium tangan orang yg lebih tua.

      nah, kalau ga mau cium tangan bakal dicap anak nggak sopan. bisa bayangin nggak kalau lebaran anak kecil disuruh cium tangan berapa orang? yakin semuanya bersih ? yakin nggak ada yg sakit ?

      1. Cipika cipiki juga sama sebetulnya. Lbh sulit dihindari. Kl cium tangan bs taktik dekatkan wjh tapi ga nempel..lalu keluarkan ekspresi nyium dg sedikit bunyi. Hrs cepat.Buru2 pergi ke yg lain.

  1. Toos mbak, aku juga ga suka nyium bayi2 baru lahir. Gendong jg udah jarang. Palingan liat ato sekedar elus2 dia di tempat tidurnya, elus2 badannya maksudnya, elus pipi dan kepala dikitlah hehe. Aku juga ga suka kalo anakku dicium2 orang. Kita mencoba biasain anak2 disentuh, dipeluk, dicium oleh mahram2 saja. Tapi teteplah ada yg ngeyel yaa hahaha, biasanya emang yang udah lebih sepuh ya.

  2. Aku dulu gitu suka cium bayik. Tapi belakangan setelah tau ga baik buat bayi jadinya ga lagi Kak. Kasian kalo mereka kena bakteri atau apapun dari para penjenguknya. 🙁

    Tapi jatuhnya malah aku dicap ga suka anak-anak lho. 😑

  3. Waaaak telat baca ini hihi,
    Klo yang cium cium untungnya di lingkungan para penjenguk babyku uda sadar mb naana, nah tapi yang blomp ada sadar adalah para tamu yang bawa anak todler yang berada dalam fase pecicilan pecicilannya, trus ada juga tamu yang lagi sakit e malah jenguk….aduuuh (bukannya ga suk dijengukin), tapi hmmm kenapa ya si tamunya ini ga sadar klo penyakitnyanini nular which is penyakit ,aca, belekan aaaarrrgggg….ada jg yang modelnya tamunya ga pulang pulang lagi eeeu…mamak baru dalam keadaan capek bingung kasi kodenya supaya si tamu tau jam berkunjung huhuhuuu

    1. hahaha kalo pas penjenguk yg bawa anak kecil pecicilan sih, aku justru takut mereka nginjek kakiku (yang abis operasi seminggu setelah SC krn nabrak). Nah, kalo ada yg bawa anak gini, aku gendong bayiku sambil nyembunyiin kaki.

Tinggalkan Balasan