“Kehamilan adalah anugrah terindah dari sang pencipta, hingga kita harus menjaganya dengan baik.”

Tahukah kalian, bahwa periode kritis pembentukan manusia ada pada rentang waktu 1000 hari pertama dalam kehidupannya? Dimulai dari janin terbentuk dalam kandungan sampai dengan anak berusia 2 tahun.

Sebelumnya, saya abai akan kalimat tersebut. Struggling dengan mual muntah dan loyo saja sudah cukup melelahkan, lho. Trust me. Kamu percaya sama aku kan? *mata kedip kedip*

Jadi saya makan apapun yang saya inginkan, tanpa mempertimbangkan aspek nutrisi bagi janin di dalam perut. Bagi pembaca blog saya yang mengikuti #JurnalHamil di blog ini, pasti tau sekali dong kalau saya suka makan yang rada ngawur. Kadang bahkan ngawur pake banget.

Zzzz……..

Baca juga : #JurnalHamil

Jujur, saya merasa sangat bersalah pada Little M. Huhuhuhu. *elus elus perut*

Cover

Kemarin, saya berkesempatan datang di acara Prenagen Pregnancy Education Journey yang diadakan di Dyandra Convex di Surabaya. Langsung deh, berasa kayak ditujes-tujes ketika dapet ilmu tentang kehamilan di sini. Apalagi ini pengalaman pertama saya dateng ke acara edukasi tentang kehamilan, maka saya semangat banget dateng pagi ke sana. Acaranya sih dibuka dari jam 07.30.

IMG_20170730_105948_669

Aiiihhhh, siapa sih itu bumil yang ngakunya kece lagi pose pake dresscode ungu? *kibas jilbab*

Idiihh….emang situ kece?

Kan….gue keceee dari lairr…. *sarah sechan mendadak muncul dari semak-semak*

Skip skip abaikan convo geje ini. Mari kembali fokes ke inti postingan.

Naaah……..mulanya saya pikir saya bakalan bosen dong ya nunggu acara intinya dimulai. Tapi ternyata enggak sama sekali. Ada apa aja kaaakk di sana ?

1. BOOTH INFORMATIF

Setelah registrasi dan dapet goodie bag, saya dan Mr. M masuk ke dalam. Wiihhh di sana udah rame aja. Ada booth booth informatif seputar kehamilan dan menyusui.

Karena mungkin keliatan kalo lagi hamil, saya ditawarin untuk cobain susu Prenagen. Jadi tester rasa. Saya nyobain 3 varian utama yaitu strawberry, coklat, dan coklat lagi. Tiap-tiap varian ada perbedaan rasa. Total saya nyobain 9 gelas kecil. Ada satu rasa varian yang saya sukaaa banget. Cocok aja sesuai lidah saya. Rasanya enak banget tapi nggak eneg. Berharap ntar Prenagen ngeluarin varian tersebut untuk ibu menyusui. Pliss plisss plisss ?

Kemudian, saya dan Mr. M melipir ke booth yang dipandu oleh Chef Eddrian Thjia. Woooooooo chef Eddrian ini kece banget bikin smoothies dari buah-buahan segar yang dimix sama Prenagen. Seger dan enak banget. Bikin nagih. Asiknya lagi, kita-kita bisa kebagian ikut nyicipin smoothiesnya lho. Saya sampe maju 2x buat ikut cicip-cicip. Hihihi. Kaan kaaan kaaannn mumpung si Little M doyan.

Mr. M mulanya malu-malu. Eh ternyata dia pingin cicip juga, akhirnya sok pede maju. Sama chef Eddrian dibencadain :”Hamil berapa bulan, Pak?”
*istrinya ngikik di pojokan*

chef edd

Daaaann….. Prenagen berbaik hati memberikan buku kecil di dalam goodie bag yang berupa resep smoothies serta masakan sehat yang gampil surimpil buat dicontek untuk masa pra hamil, hamil, serta menyusui. Okesip, cusss ntar praktek bikin smoothies buah segar pake Prenagen.

Kelar icip icip smoothies dan tester susu yang alhamdulilah bikin kenyang, saya dan Mr. M berhenti di depan booth informatif tentang pijat bayi. Eeehhh…… Mr. M, ternyata lagi khusuk dengerin penjelasan dari narasumber ahli. Okesip, jadi papa siaga klo besok-besok si Little M pengen dipijit ya.

Ga berapa lama, Mona Ratuliu yang didapuk sebagai MC tiba-tiba muncul di tengah-tengah kerumunan. Cantiikk banget. Bueboo pada berebut minta foto.

Mona

Saya?

Takuuuttt…..takut perut yang udah geday ini kepencet-pencet sama ibu-ibu lainnya. Hihihi.

Dan, pintu ballroom pun dibuka tanda acara mau dimulai. Lucky me, karena saya udah berdiri di dekat pintu, saya bisa langsung masuk dan bergegas nyari kursi di deretan depan.

2. SESI SHARING

Nah, di awal acara, ada bapak wagub Jatim yang biasa ikrib disapa Gus Ipul berkesempatan menyapa para audiens.

Beliau turut mensupport ayah ibu cerdas untuk membentuk anak sehat. Merencanakan anak-anak kita untuk kehidupan yang lebih baik sejak dalam kandungan, sejak 1000 hari pertama kehidupannya. Karena salah satu ukuran suksesi pembangunan adalah SDM nya. Orangtua sukses, anak suskses pemerintah sukses.

Wuhuhuhuhu bravo deh pak wagubku.

Kemudian, brand ambassadornya Prenagen muncul doooonnnk. Ada yang tahu siapa dia?

Iyaaaakk……ibu Kawa!

IBU KAWA

Sigh…..Andien emang bikin ngiri banget. Abis lahiran dan sedang masa menyusui pun badannya bisa sekece itu. *lirik sinis ses Andien*

Andien sharing tentang perjalanannya menjadi seorang ibu. Dimulai dari promilnya yang menjaga pola hidup sehat dan rutin mengkonsumsi Prenagen Esensis.

Saat hamil pun, dia menjaga pola makan sehat bernutrisi, tetap berolahraga, dan tentu saja mengkonsumsi susu Prenagen.

Setelah melahirkan, masa menyusui lebih struggling lagi, tentunya. Seperti yang kita ketahui bersama (thanks to Instagram, btw) Andien berkomitmen memberikan ASI eksklusif buat Kawa.

Lalu, apa peran Ipe sebagai seorang suami dan ayah? Eits, jangan salah. Ipe punya berbagai cara untuk mensupport Andien, diantaranya :
– rajin membaca informasi soal kehamilan dan menyusui
– Dukungan pun bisa dimulai dari hal yang paling kecil, misal : elus-elus si ibu, beli makanan kesukaan, menjaga agar ibu dan anak tetap happy.

“Ibu bahagia asi nya melimpah. Selama istri hamil dan menyusui, banyak-banyaklah mencari informasi.” – Ipe

“Menjadi seorang ibu, melahirkan dan menyusui harus ada bekal cinta.” – Andien

 

3. SESI INTERAKTIF TALKSHOW BERSAMA dr. BOY ABIDIN, SpOG (K)

Booookkk….siapa yang nggak kenal sama pak dokter Boy Abidin ? Coba itu tv nya di rumah dijual aja.

boy
Sesi kali ini dr. Boy menjelaskan mengenai Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Hidup Si Kecil. Menurut dr. Boy Abidin, SpOG (K) Plasenta adalah penghubung Janin dengan Ibu, maka harus diperhatikan kesehatannya karena akan memberikan dampak jangka panjang terhadap si kecil.

Peran penting plasenta dalam kehamilan :

  • membawa zat nutrisi dan oksigen kepada janin
  • membuang zat beracun
  • mekanisme imunologi ( kekebalan tubuh )
  • produksi hormon untuk perkembangan janin

Ada banyaaak kebutuhan nutrisi buat ibu hamil, sehingga diperlukan kendaraan untuk bisa masuk ke dalam tubuh ibu dan janin. Gampangnya nih ya, susu ibu hamil adalah kendaraan terbaik untuk membawa zat nutrisi tersebut.

“You’re WHAT your mother eat”

JEEEEDYYAAARRRR….!!!!

Langsung saya ngelus dada denger penjelasan tersebut. Saya makannya ngawur, minum susu hamil pun mulai trimester ke dua, itu pun ga rutin. Batin saya semakin terasa nista ketika dokter menjelaskan masalah terkait plasenta dengan komplikasi serius dapat terjadi preeclampsia, diabetes melitus gestasional, prematuritas, kematian janin.

nutrisi ibu

 

4. SESI INTERAKTIF TALKSHOW BERSAMA dr. HERBOWO AF SOETOMENGGOLO, SpA (K) 

Naaah……setelah hati saya dibikin serasa tertujes tujes ketika sesi sharing dengan dr. Boy Abidin,  maka sesi sharing selanjutnya bikin saya duuhh….pasti bakalan nyesel kalau *amit amit naudzubillahmindzalik* nutrisi selama hamil Little M belum terpenuhi dengan baik.

Ketika bayi lahir, ada beberapa parameter yang digunakan untuk mengetahui anak lahir normal atau tidak. Mulanya, yang paling mudah diketahui pasti merujuk kepada fisik bayi yang bersangkutan.

Diantaranya :

1. Baby acne – yaitu jerawat bayi.
Hal ini masih tergolong normal, yang disebabkan karena ASI. Hormon sang mama keluar lewat ASI yang lalu dikonsumsi si bayi.

Jadiii…..kalo ada bayi yang jerawatan, pliisss jangan dicieeee cieee in yaaaa…. Dia bukan dewasa sebelum waktunya. Bukan…bukan kayak gitu. Just blame the Mama’s hormones. Not the baby.

2. Kaput – yaitu pembengkakan pada kepala bayi yang diakibatkan tekanan pada kepala oleh jalan lahir.
Hal ini dikarenakan proses kelahiran bayi yang terlalu lama. Kata dokter ini  masih normal, dan biasanya menghilang dalam kurun waktu 1 hari.

3. Hemangioma dan 4. Cafe au lait
Ini masih dikatakan wajar bila areanya kecil. Kalau area yang terkena lebar, baru bahaya.

Note : karena saya bukan tenaga medis, jika keterangan di atas ada yang kurang tepat, tolong dikoreksi ya 🙂

Naaahh….ada catatan lagi dari dr. Herbowo, bahwa ketika bayi lahir selain yang umum ditanyakan adalah berapa berat dan panjangnya, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah ukuran lingkar kepala. Boleh dikatakan ukuran ini sangat penting sekali, berkaitan dengan kecerdasan anak.

Ada 2 kelainan mengenai lingkar kepala, yaitu :
Mikrosefali : lingkar kepala kecil
Makrosefali : lingkar kepala besar
Namun, ada catatan khusus, lingkar kepala kecil / besar bisa juga dipengaruhi oleh faktor keturunan genetik.

Sebagai orang tua yang baik, bertanggung jawab, kece, dan tidak sombong ada beberapa kunci penting untuk memantau tumbuh kembang anak kita :
1. Timbang BB dan tinggi secara berkala
2. Ukur lingkar kepala berkala
3. Pantau perkembangan anak

faktor tumbuh kembang

Adapun kita juga harus aware terhadap batasan perkembangan yang harus sudah dilewati pada usia tertentu, istilahnya adalah red flag ( bendera merah).

Usia berapapun yang harus diwaspadai :
– tidak memenuhi syarat perkembangan sesuai usia
– kehilangan kemampuan
– tidak ada respon terhadap suara maupun visual
– miskin interaksi
– perbandingan kekuatan kemampuan gerakan tonus otot antara kedua sisi anggota tubuh
– gerakan terlalu lemah ( floppy) atau terlalu kaku.

Contoh gampangannya nih, kalau ada anak nangis digendong lalu diem, ini yg benar. Karena ini artinya anak tersebut ada interaksi.

Berikut ini, ada gambar mengenai tahapan tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya :

 

 

Dokter Herbowo juga menjelaskan, bahwa tingkat kecerdasan anak diperoleh secara genetik dalam rasio 40%. Dari siapa? Dari ibunya…..

Zzzzzz…….

Hening…….

Merenung…….

Okesip, nanti sampai rumah saya harus pastikan bahwa semua raport dan ijazah yang tercantum nilai-nilai akademis saya harus segera disimpan rapat-rapat. Kalau perlu masukin peti bergembok baja anti karat anti sinar laser, lalu kubur di kedalaman 1 kilometer dari permukaan tanah.

Tapi, ada ‘angin surga’ nih. Jika 40% kecerdasan didapat dari genetik , yang mana saya sadar diri bahwa saya ga ada bakat IQ tinggi macem ilmuwan yang bisa merancang pesawat ulang alik dan bisa bicara minimal dua puluh bahasa asing tanpa menimbulkan resiko cedera pada lidah, maka masih ada 60% lainnya yang bisa didapat dari non-genetik. Berupa nutrisi dan simulasi dari lingkungan.

Aaahh…..baiklah. Abis gini Mama M akan makan makanan yang lebih bernutrisi dan makin kalap nyetok stok susu Prenagen.

Dokter Herbowo mengatakan, sebaiknya stimulasi dilakukan sejak dalam perut. Diantaranya :
– diperdengarkan musik
– ajak komunikasi

Naaah….kalo saya nih, sebelum tidur ada ritual khusus sama Little M. Yaitu, cuci kaki tangan, masuk kamar, Papa M bagian bacain buku cerita, setelah selesai baca disetelin murottal mp3 yang ditempelin ke perut, lalu tidur nyenyak deh sampe pagi. Biasanya, di tengah-tengah rutinitas ini, Little M bereaksi. Kadang dia nendang heboh, kadang nendang seperlunya. Kadang malah cuek. Suka-suka dia aja sih mau interaksi sama siapa dan kayak gimana. Anakku emang gitu kok, suka pilih-pilih fans. Mwahahaha.

Pokoknya kalau mau ngapa-ngapain, saya seringkali ‘melibatkan’ si Little M.

Misal :
– nak, tidur yuk udah malem.
– nak, jadi anak pinter ya, ikut Mama kerja dulu ya.
– jangan rewel ya, nak, kan anak pinter.
– nak, ayo kita sholat dulu.

And sometimes it works!

Yaaaayyyy I’m a proud Mam to be.
*congkak*

Nak, ayo kita kita bakar kamus bahasa Arab, Inggris, Jawa, dan Prancis ini, campurin sama es krim lalu ayo kita telen bareng-bareng. Biar pas kamu lahir nanti bisa langsung menyapa Mama dan dokter : Assalamualaikum, universe! Je m’appelle Little M. Piye kabare, broh?” 

*horor banget buuuuk ngayalnya?*

 

4. SESI SENAM PRENAFIT

Yaaaayyyy……waktunya bergerak. Tapi, buat bumil bumil yang perutnya makin menggeday, jangan sampe melantai, jingkrak-jingkrak, kayang, split, ato bahkan sambil nge-break dance yak. Ngiluuu tulang hayati ngeliatnya maaakk.

Oh ya, apa itu senam Prenafit?

Senam Prenafit adalah senam khusus untuk Ibu Hamil dan ibu pasca melahirkan yang memberikan manfaat yang baik untuk pernafasan, menguatkan otot panggul, otot perut dan paha yang dibutuhkan oleh Ibu saat dan pasca melahirkan. Senam ini praktis dan bisa dilakukan di rumah sesuai petunjuk dokter.

Lagi-lagi, lucky me, karena Prenagen memberikan satu dvd di dalam goodie bag. Jadi, saya bisa meniru gerakan senam Prenafit di rumah dan serasa punya instruktur senam pribadi nih.

Aheeemmm……

Oh ya, tapi ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan ketika berolah raga. Diantaranya :

1. Listen to your body.
Jadi, kalo tubuh sudah memberikan sinyal lelah, capek, bahkan sesak napas, pliisss tolong hentikan dulu ya olahraganya.

Ngana bukan mbak Gal Gadot yang lagi hamil masih swimming swimming kece di sungai Amazone pun indak apo apo.
2. Kalau kaki bengkak, jangan olahraga dulu juga.

Naah…diharapkan para suami mendampingi istrinya ya saat melakukan senam ini. Selain bertindak sebagai cheerleader, jika ada sesuatu yang terjadi suami bisa langsung sigap bertindak.

Oh, ya. Pernah bertanya-tanya nggak kenapa olahraga itu penting bagi ibu hamil? Karena olahraga di masa kehamilan adalah salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan janin dan memperoleh persalinan yang lancar. Nah, saya tau bener kok kalo kasur emang lebih menggoda daripada jalan kaki dan sinar matahari pagi. Tapi, plisss… demi generasi penerus bangsa calon pemimpin dan cendekiawan yang ada dalam rahim kita, mams, bangkit dan lawan rasa malas.

MERDEKAAAAA!!

Ini yaa…buat mommy mommy sekalian yang sedang mempersiapkan kehamilan, tengah hamil, ataupun tengah menyusui, Prenagen siap mendampingi setiap momen berharga yang sedang dilalui.

1_141134382016_coklat

1. PRENAGEN ESENSIS

Adalah nutrisi persiapan kehamilan, yang mengandung rendah lemak, asam folat, zinc, kalsium, fosfor, magensium, vit. D, protein dan mikroenkapsulasi zat besi, sumber serat, omega 3 dan 6. Tersedia dalam varian rasa coklat dan vanila.

2_181126402016_coklat

2. PRENAGEN MOMMY EMESIS

Sebagai nutrisi kehamilan untuk mengurangi mual muntah. Mengandung vit B 6 dan protein yang telah teruji klinis dapat mengurangi mual muntah di awal kehamilan. Dilengkapi dengan asam folat, kalsium, fosfor, magnesium, vit D, mikroenkapsulasi zat besi, sumber serat, omega 3 dan 6.

3_181325222016_coklat

3. PRENAGEN MOMMY 

Sebagai nutrisi masa kehamilan. Mengandung asam folat, mikroenkapsulasi zat besi, vit B12 untuk pembentukan sel darah merah, sumber serat untuk meningkatkan asupan serat pangan harian, kalsium, magnesium, fosfor, dan vit. D untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin serta mempertahankan kepadatan tulang ibu. Asam folat untuk mencegah resiko cacat tabung saraf otak, omega 3 dan 6 untuk perkembangan otak, fungsi otak, dan tumbuh kembang janin.

Tersedia kemasan praktis siap minum (UHT) untuk memenuhi nutrisi ibu dimana saja, kapan saja.

4_181027242016_vanilla

5. PRENAGEN LACTAMOM 

Sebagai nutrisi masa menyusui, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI dengan asam folat, kalsium, fosfor, magnesium dan Vit. D, protein dan mikroenkapsulasi zat besi, sumber serat, omega 3 dan 6 untuk perkembangan otak si kecil.

241323312016prenagen-juice

6. PRENAGEN JUICE 

Naaahhh ini diaaa..yang rasanya enak. Sari buah asli Pomegranate dan anggur, sumber asam folat dan tinggi vit. C. Disajikan dingin lebih nikmat bookk…

Oh ya, dalam kesempatan kali ini Prenagen juga memperkenalkan aplikasi Halo Bumil yang dapat diunduh di Playstore. Sejak awal hamil dulu, saya udah mengunduh aplikasi ini lho *tetep congkak*

Dan, emang ga rugi kok. Testimoni saya sebagai pengguna sih, justru membantu. Karena tiap minggu akan ada reminder berapa weeks usia kehamilan, sudah sebesar apa si kecil di dalam rahim, sudah bisa apa aja dia di sana, disertai dengan artikel yang mendukung sesuai dengan usia kehamilan saat ini. Apalagi, penyajiannya terkesan interaktif. Seolah-olah si janin tengah berdialog dengan ibu.

Pfiiuuhh….postingan saya kali ini panjang banget ya?

Ya iyalah..saya ga mau melewatkan detail ilmu baru yang saya peroleh dalam Prenagen Pregnancy Education Journey kali ini. Semoga tahun depan jika Prenagen mampir ke Surabaya saya bisa ikutan lagi yak. InsyaAllah tahun depan udah gandeng Little M dan susu yang diminum udah naik tingkat jadi Prenagen Lactamom donk. Boleh minta aamiin nya pemirsah ?

Sampai ketemu taun depan ya…..

 

Laaffff,

Nana

11 thoughts on “PRENAGEN Pregnancy Education Journey (PPEJ) 2017 : Terbaik Untuk Yang Teristimewa”

  1. Dari hamil Raya ngga pernah minum susu hamil karena liat boxnya aja langsung mual muntah #hoeeek! Alhamdulillah sih anaknya pinter sekarang hahahahah #brartiemaknyajugapinter #kibasjilbab tapi dulu emang jaga makanan banget, cumaaa hamil sekarang aku rada santai ttg makanan, hahahah lebih cuek dikit meski sekali pernah makan indomie tapi sekarang ngga pernah lagi, sekali-kali makan makanan mengandung mecin juga.. blah..
    Tapi bismillah deh semoga anaknya yg sekarang sehat2 hahaha..

  2. akuuuuuh…akuh gak kenal boy abidin ituh. Kenalnya Boy Ongky Alexander a.k.a Catatan Si Boy mwahahahahaa…… Btw seru juga acaranya ya. Jadi inget temenku waktu hamil, minumnya ngawur: tiap hari maunya cuma teh botol atau teh manis, kurang banget asupan air putihnya. Alhasil anaknya sekarang 7 years old ga demen air putih juga. Huhhuhuhu….you are what you eat banget ya Na

    1. Si Boy Alexander itu kan yg dulu pacarnya mbak Paramita kan ya? Kenapa kita jadi bongkar umur gini? Wkwkwkwk.
      Aku tiap hari minum es teh juga lho. Hiks. Tapi tetep diimbangi minum air putih kok

Tinggalkan Balasan