Kemarin, saya tiba-tiba dilanda ketakutan. Ketakutan yang sebelum-sebelumnya engga pernah sekalipun menghampiri, lah ndilalah mak bedunduk unyuk unyuk kok ya muncul sekarang menjelang bulan ke delapan. Piye jal ngene iki?

Lemon-01

IYA, SAYA TIBA-TIBA TAKUT MELAHIRKAN.

 

Zoom in zoom out. Kepslok jebol.

No….kalian ga salah baca. Iya, saya mendadak takut melahirkan. Takut setakut-takutnya. Selama beberapa bulan ke belakang, sejak awal hamil Little M, beberapa orang bertanya : “Kamu ga takut kalo nanti melahirkan ?”

Saya, yang waktu itu sok preman sok setrong, menjawab dengan sumringah aja : “ No. Enggak. InsyaAllah ga takut.” Dalam pikiran saya kala itu, let it be aja. Yang terjadi, terjadi aja lah. Que sera sera shaaay.

 

Makanyaaaaa……jadi orang jangan jumawa. *buru buru cari cermin*

 

Kemarin itu kejadiannya keluar dari toilet kantor, balik lagi ke belakang meja kan… nah naah naaaahhhh kok ya tiba – tiba mendadak punya pemikiran demikian : takut melahirkan.

Ini saya kesambet setan jamban toilet apa gimana sih?

Trus pas lagi chat sama si Bundo… (Bundo siape Na? Bukan yang punya rumah makan Padang mereknya Salero Bundo kan? Bahaha…Bundo, if you read this post, yeah it’s you Bundo yang ogut maksud 😛 ) disuruh istighfar.

 

Zuzur…. Ada beberapa pertanyaan yang bener-bener saya hindari akhir-akhir ini. Di antaranya :

  1. Halo, apa kabar? Gimana nih hamilnya? Rencana sesar apa normal ?

Me : Kabar baik. Rencana pastinya normal ya, dan saya memang kepingin banget normal.  Kecuali kalo ada alasan medis yang kuat dari dokter yang menyarankan saya ga bisa melahirkan normal.

FYI : saya ga ambil pusing sama keputusan orang lain sesar ato normal, toh dibalik itu pasti ada alasan-alasan tersendiri yang kuat. Toh tetep bergelar IBU kan? Ga serta merta gelarmu berubah jadi BAPAK kan ?

 

  1. Mau lairan dimana nih ?

Wainiiii…. Wainiiii….. saya belum taaaauuu mau lairan dimana. Hiks hiks hiks. Ada beberapa opsi, tapi belum mateng. Sementara ini udah bulan ke delapan aja. God….

 

  1. Kapan cuti ?

Ga taauuuu jugaaa….hahahhah

Kemarin ngobrol heart to heart ama boss *halah* Saya ditanyain kapan cuti, nanti rencana ke depannya seperti apa, bla bla bla.

Ketika saya jawab kalo saya pengen cutinya mepet aja sama HPL. Saya mau beresin semua tanggungan kerjaan dulu sebelum cuti. Tapi boss ga ngebolehin, beliau bilang ga bisa kayak gitu. Minimal H – 10 sebelum HPL biar saya dan Mr. M bisa prepare dengan baik, biar saya bisa jaga kondisi juga.

 

Ada yang punya pengalaman cuti mepet sama HPL gak sih? Bagi tipsnya donk 😛 Hiks, beneran, saya pingin cuti itu kalo bisa H-2 ato H-1 aja laaaahhh…..

 

Btw, kayaknya Little M seneng-seneng aja kalo diajak kerja. Karena kalo di kantor pas saya lagi serius kerja gitu, dia suka gerak-gerak. Kalo saya lagi bengong, dia juga diem, males gerak. Oke, mungkin ini tanda-tandanya kamu bakal jadi CEO di usia muda naaaakk 😛

 

  1. Nanti anaknya dirawat sama siapa ?

Sama GUE DAN MR. M laaaaahhhhh…  ngana pikir ?

 

Etapi jujur jugaaa…..saya bingung karena ada beberapa opsi asuhan yang kapan-kapan aja deh saya ceritain di sini.

 

  1. Nanti bakal ASI eksklusif kan ?

Ya saya pinginnya gitu, cita-citanya gitu, berdoanya gitu, dan semoga dikabulinnya gitu. Dan pliiissssss tolong kalo ada ibu yang lagi berjuang ngasi ASI jangan dinyinyirin ya.

 

Saya pernah jenguk kenalan yang baru lahiran. ASI nya belum keluar lancar. Udah deh langsung ibu muda tersebut ‘dilaundry’ sama ibu-ibu lainnya. Enyunowot? Mahmud tersebut langsung salah tingkah. Kalo bisa, saya pingin pukpuk MahMud tersebut sambil bisikin : “punya lakban gak sist?”

 

Kasih saran boleh, silakan. Tapi pliss jangan judging.

 

NB : Saya nerima saran, tips, dan trick gimana biar ASI bisa cusss lancer. Drop di kolom komen ato japri gapapa yess 😀

 

NB juga : berkaitan dengan pertanyaan poin 2 dan 4, saya bener-bener berdoa biar ASI saya ntar lancar, biar Little M pinter minum ASI nya. Doain ya plis plis plis.

 

  1. Udah belenjong perlengkapan bayi belum ?

Beluuuummm….hahaha. Kemarin yang udah sih dapet stroller pas lagi diskon, beli gendongan ring sling dari online yang udah langsung dipake buat support pregnancy belly, dapet selimut bulu, dijapri temen dapet bantal menyusui. Kalo baju sih belum. Saya rencana ga nyetok banyak-banyak. Bayi cepet gedenya kan? Ya kan? Ya kan? Ya kan?

 

Rencana di awal-awal mau pake popok kain dulu. Katanya biar lebih mudah ngontrol jumlah pipis dan BAB nya. Eh betul gak sih? Tolong koreksi kalo saya salah. Meraba-raba banget soalnya. Ini belajar ilmunya dari internet semua sih:P

 

Kalo malem pake pospak aje. *maafin ya bumi, ekeh nyampah*

 

  1. Udah siap jadi ortu ?

InsyaAllah siap.

 

Ini sekarang saya doyan download yutub cara nyusuin bayi, cara mandiin newborn, cara gendong newborn, cara hipnotis newborn biar cepet tidur, cara sendawain bayi, dll.

Duuh, emak-emak milenial banget.

 

 

Tarik napas……

 

 

Udah deh…apapun yang terjadi… percaya sama Allah, percaya sama dokter aja, percaya sama ortu. Gosah terlalu percaya sama ibu-ibu tetangga yang suka komen ga jelas 😛

Doain ya, biar saya bisa mengatasi rasa takut ini.

 

Laaff…

Nana

10 thoughts on “#JurnalHamil : Ketika Rasa Takut itu Datang”

  1. Bundo masih menunggu Minang Sakato-nya buka pada hari Senin. Tp Bundo hari ini mual krn td pagi kelempoken pecel tuku nang Suzanna Kertajaya…. (semangat nemen nek wayahe ngebahas panganan).

    Btw aku pernah nulis ancer-ancer keperluan bayi lho termasuk baju. Tapi klo km pengen pake popok kain (yg ga dilapis clodi) brati butuh lbh banyak sis krn tiap pipis bisa-bisa rembes sak klambi sak katok sak alas ompol. Ganti kabeh wes. Semangat ya! I suppose you have mesin cuci?

    Oiya belilah jemuran yg melingkar gt soale hemat space 🙂

    1. Ehh Bundo muncul :))))
      kok sampean suka sih sama pecel sebelahe Suzana ? kantor lamaku dulu deket situ. Kalo mau pecel yang lebih enak lagi di sekitaran situ, ada di jl. dharmawangsa. Dia ngemper di depan dealer mobil. sederetan sama yang jual buryam bandung ( tapi ga jejeran ).

      Yess, I have a pen, I have mesin cuci too :)))

      Okeee cuss aku tak ngintipin list belanjanya mbak tyk

  2. Mba Nana.. Akupun ngerasain takut melahirkan di kehamilan kedua kemaren. Bahkan si rasa takut itu muncul pas udah deket2 HPL. Bener kata Bundo. Perbanyak istighfar, sholat sunah, zikir.. Insya Allah tenang mba. Semangat yaa..
    Aku anak pertama SC, jadi orang2 udah ngejudge duluan oh pasti yg kedua SC juga. Tapi aku ngotot banyakin exercise di akhir2 kehamilan. Yg main gymball, senam hamil di rumah, jalan2 lah. Sambil terus nyuwun ke Gusti Allah biar bisa ngerasain lahiran normal. Alhamdulillah mba, meski lewat hpl, atas dukungan suami n dokter bisa juga normal. Tapi kalo memang ada kondisi tertentu yg mengharuskan SC ya kita serahkan saja sama ahlinya mba. Yg penting ikhtiar dan doa kita dulu saja.
    Maaf ya mba bukan mau menggurui atau apa. Cuma mau sharing aja. Tetep doanya biar mba Nana cepet dapet bidan/dokter yg terbaik, biar lahirannya lancar, cepet, sehat, selamat Bunda dan bayinya, muga2 ASInya langsung deres. Aamiin..
    Aku tadinya mau cuti seminggu sebelum, tapi ternyata udah engap banget dan membayangkan puasa2 naik KRL jadi diputuskan cutinya H-2minggu pas awal puasa. Hehehe..
    Sehat2 terus ya mba..

  3. All is well. Pasrahkan saja pada pemilik hidup dan yakin bahwa tubuh akan bisa melahirkan dengan cara yang sudah ditetapkanNya. Apapun itu, Insya Allah yang terbaik. Ga ikut kayak senam hamil atau yoga kehamilan Na? kalau sesama Ibu hamil kumpul siapa tahu bisa saling menularkan aura positif dengan saling bercerita atau baca-baca artikel yang isinya afirmasi positif macam bidankita.com gitu. Jadi bisa ngasih sugesti positif ke diri menjelang hari H dan meminimalkan kecemasan sekaligus dapat ilmu juga.

    1. enggaakk…huhuhu. karena senam hamil di tempatku kontrol adanya hari sabtu, kalo sabtu aku masih kerja full day. Jadinya olahragaku cuma jalan kaki tiap pagi sama renang seminggu sekali mbak. mesakke ya ra duwe konco. haha 😀

      iya, ini kadang sharing sama temen temen, dan aku pilih-pilih mana aja yg bisa nularin efek positif. Karena apa yaaa….ada lho yg tiba-tiba sharing trus ujung2nya judging. Duh, stop wes daripada aku makin stres. Haha. Ini aku baca-baca milis ibu-ibu.

      ini sama temen kantorku tadi sharing juga, dikasi tips tips abis lairan gimana, enaknya gimana. kalo masih kaku, coba nanya ada jasa tenaga medis yg bisa bantu dateng ke rumah pasca lairan ga.

  4. hehehe..takut melahirkan wajr aja kali ya mba…lha aku aja udah dua kali, waktu mo ngelahirin sempat takut juga.. :))) tapi, tetep harus dihadapin kan ya mba..semangatttt mba Nana…

    semoga ntar si dedek juga bisa ASIX ya mba… 🙂

  5. Mbak Nana aku kok ikut dagdigdug yaa? *Lho
    Aku turut mendoakan aja deh, semoga apa yang Mbak Nana inginkan dikabulkan oleh Allah. Semoga persalinannya lancar dan sehat terus sama Little M ❤️

Tinggalkan Balasan