Jadi, beberapa waktu yang lalu saya pernah babbling di salah satu akun media sosial saya, bahwa saya membutuhkan satu area terang di dalam rumah. Tidak perlu luas sih, yang penting area tersebut mendapat cahaya yang cukup sehingga terlihat terang. Fungsinya apa? Tentu saja sebagai tempat memotret barang untuk koleksi pribadi ataupun keperluan upload di Instagram. Mencoba kekinian sekali sih, Sist. Haha. 

Nah, karena rumah saya benar-benar kecil, satu-satunya spot yang tersisa dan mendukung hanyalah di dekat jendela dan pintu masuk.

Dulu, mulanya saya berniat memindahkan meja makan ke depan dan sofa ke belakang. Tapi urung, karena terlalu makan tempat.

Hingga suatu saat kami mendapat hadiah dari salah satu teman Mr. M berupa satu set lemari. Warnanya krem terang, persis seperti apa yang saya inginkan. Satu buah lemari yang agak lebar, saya letakkan di dalam kamar tidur. Rencananya untuk tempat menyimpan baju dan perlengkapan Little M nantinya. Masih nanti, karena sekarang tentunya masih kosong.

Satu buah lemari yang agak ramping, kami letakkan di samping sofa di sebelah jendela. Nah, lagi-lagi persis sesuai keinginan saya.

Bagian dalam lemari saya gunakan untuk menyimpan buku-buku bacaan saya. Dan bagian atas lemari dapat difungsikan sebagai spot foto. Cahaya berlimpah yang masuk dari jendela dan pintu membuat area ini terlihat terang.

Nah, agar tidak terlihat kosong melompong, saya menata beberapa benda di atasnya. Di antaranya talenan kayu, buku-buku favorit, frame foto, serta beberapa hiasan mainan. Cuma, saya merasa kok agak plain ya? Tidak ada sesuatu yang mencolok sebagai focus pointnya.

Maka, untuk ke sekian kalinya saya dan Mr. M kembali berkunjung ke gerai Ace Hardware. Solusi saat kami membutuhkan bantuan dalam menata rumah #HelpfulPlace

Kami langsung pergi ke bagian bunga-bunga imitasi. Dari awal, saya langsung jatuh hati pada pot bunga matahari. Warna kuningnya mencolok, cerah menyala. Tapi, bukan Ace Hardware namanya kalau tidak dibikin galau dengan aneka item-item menarik yang dipajang di sana. Beberapa kali saya mengambil bunga berbeda. Sebelum akhirnya kembali pada pilihan pertama.

Bunga matahari dengan warna kuningnya yang cerah.

Sudah? Apakah hanya itu saja? Tentu tidak. Kami kembali berkeliling dan berhenti di depan area krey kayu.

Di sini, tersedia beberapa macam ukuran krey sesuai kebutuhan, sesuai ukuran jendela pada umumnya. Warna yang tersedia untuk saat ini adalah coklat tua, coklat muda, krem, hijau muda, serta putih. Ada juga krey bambu yang bisa digulung. Banyak pilihannya kok. Sampai-sampai kalau bisa, mungkin saya mau bawa pulang semuanya tiap satu warna. Haha.

Nah, mari set barang hasil buruan di Ace Hardware tadi.

Tips menata area terang sederhana di rumah mungil ala Mrs. Muhandoko :
1. Cari tempat terang yang berlimpah cahaya di sudut rumah, biasanya jendela dengan sirkulasi yang baik.

2. Letakkan meja, lemari, sofa, atau furniture apa pun yang ingin kita jadikan sebagai focus point di lokasi tersebut.

3. Rasakan, percaya pada intuisi. Jika area tersebut dirasa terlalu plain atau ‘tawar’, maka mari kita beri sentuhan. Bisa dengan meletakkan benda-benda pajangan seperti koleksi miniatur, frame foto, atau bahkan pot bunga.

4. Bermainlah dengan warna. Warna yang sama dari satu ujung ke ujung lainnya, it’s a big no no. Nay.
Beri satu atau dua warna yang kontras dengan warna benda di sekitarnya. Hal ini berfungsi untuk menghidupkan ‘suasana’. Misal, karena tone area terang milik saya didominasi putih dan krem, maka saya menambahkan pot bunga matahari berwarna kuning cerah. Serta kain korden bunga-bunga berwarna pink pastel.

5. Bingung? Tidak punya insiprasi? Sesekali kunjungilah gerai Ace Hardware terdekat, akan ada banyak hal menarik di sana yang bisa memancing inspirasi dan kreativitas kalian. Di #HelpfulPlace kita tidak akan pernah kekurangan ide dalam menata rumah.
See, tetap terlihat terang dan sederhana sekaligus menarik kan?

Nah, akhirnya area terang ini bisa saya fungsikan juga sebagai area spot pengambilan foto-foto seperti yang ada dalam Instagram saya. Biar feed IG terlihat rapih. 

Apakah kalian tertarik ingin mencobanya juga? Selamat berkreasi ya.

Xoxo,
Nana

9 thoughts on “Tips Menata Sudut Terang  Sederhana di Rumah Mungil”

  1. Bagus hasilnya. Tapi yg berkuasa di rumah itu ibu ha ha ha…. Jadi yg gak bisa ikutan coba. Pernah menata dan mengubah letak2 buku, eh besoknya udah dipindah lagi ke posisi semula. Nasib2

  2. Hasilnya bagus mbak, saya gak berani taruh pajangan di bawah. Little Ai sudah berdiri merambat kemana-mana dan suka ngambilin pajangan hehehe
    Jadi pajangan di ambalan nempel tembok

    1. Demi safety ya, dipajang di ambalan aja. Tapi gapapa, kalo rumah berantakan tandanya si kecil sehat ya mbak 😀
      Kalo saya, yang suka berantakin pajangan dan barang barang di rumah itu si kucing. Dia suka ngawur kalo jalan. Hehe

  3. Mbak Nana, kalau ini jadi sudut andalan untuk foto-fotoan Instagram, apakah Mbak Nana akan terus menjadikan bunga matahari sebagai focus point?
    Gimana kalau Mbak Nana ingin variasi focus point, berapa macam bunga yang akan Mbak Nana beli?

    1. Halo mbak Vick 😉
      Sudut andalan ini, poin utamanya adalah satu area di rumah saya yang dapat cahaya alaminya pas banget karena dekat jendela dan pintu. Bikin foto terlihat terang. Jadi, tidak harus melulu penampilan fasad spot ini yang terus diekspose. Bisa nanti foto pakai gaya flatlay, atau foto di sini dengan background bersih dinding putih. Yang penting objek fotonya ketimpa cahaya alami.

      Nah, daripada sudutnya plain, saya beri sentuhan ‘ala saya’ dengan nambahin aksesoris spt yg saya sebut di postingan di atas. Salah satunya dengan bunga matahari.

      Kalau ada pertanyaan : berapa macam bunga yang akan saya beli, saya pinginnya sih di dalem rumah ada bermacam-macam bunga biar ‘ramai’ 😀

      Semoga jawaban saya membantu ya 😉

Tinggalkan Balasan