Smith & Sons

Kemarin, salah satu temen kantor saya bawa setoples kue kering. Resep lama, katanya. Waktu saya cobain, eh pada gigitan pertama udah kerasa enaak banget. Dan, taste nya familiar bagi lidah saya. Setelah saya inget-inget, aahh…ini rasanya mirip banget sama kue kering buatan nenek saya dulu.

Huhuhuhu….

Langsung deh berasa nostalgia. Mencicipi kenangan.

Dulu, nenek suka bikin kue kering aneka macam sampe bertoples-toples. Biasanya, bikinnya pas mau lebaran. Karena di rumah saya ada sesepuh yang paling sepuh, jadi semua sodara ngumpulnya di rumah, dibikinin kue-kue kering gitu lah buat suguhan tamu.

Selain kue kering, nenek saya jago masak juga lho. Kebanyakan masakan Jawa yang bumbunya ribet itu. Hahaha. Kalo bikin rawon sama soto ayam, juara banget!

Soto ayamnya bening. Ga kuning seperti  yang dijual di warung toyam biasanya. Kuahnya bening bersih, dikasi bihun, irisan daging ayam, sama potongan kentang tipis yang digoreng kering. Lalu dikasi sambel dari cabe yang diuleg warnanya oranye itu. Duuuhh aku ngiler. Hahahah.

Setelah nenek saya meninggal, udah lama ga nemu toyam gitu lagi. Baru nemu lagi kalo pas tante saya yang masak. Haha. Sama mertua yang masak soto mirip-mirip gitu rasanya sama toyamnya nenek.

Trus apalagi ya?

Oh ya, rawon.

Rawon nenek saya itu rasanya gurih plus ada manis-manisnya dikit. Dikasi taoge buntet. Dagingnya empuk. Karena rawon lainnya, kadang dikasi gajih gitu, dan saya benci banget kalo makan ada gajihnya. Brasa bau apek. Btw, bahasa Indonesianya gajih apaan sih? Lemak ya?

Bumbu pecel.

Nenek dulu suka bikin bumbu pecel sendiri. Kacangnya digoreng sendiri, trus ditumbuk sambil dibumbuin. Endes lah sumfah. Kadang suka saya cemilin.

Ayam bumbu rujak

Ini bumbunya pekat, gurih, dan bumbunya bisa merasuk ke daging ayamnya.

Nah, kemampuan memasak nenek ini nurun ke tante saya. Masakan tante yang selalu saya kangenin adalah nasi goreng sama sambel goreng rempelo ati.

Nasgornya juara banget nget nget! Pedesnya pas, bumbunya ga nusuk, taste nya masakan rumahan banget deh. Dan di deket rumah saya, saya belum nemu nasgor ala rumahan gini. Bikin sendiri juga ga bisa kayak gini. Hahaha.

Trus trus trus, dulu tiap Senin pagi, sebelum saya balik ke Surabaya, selaluuu dimasakin sambel goring rempelo ati. Pake irisan cabe merah, cabe kecil, dan bumbunya kentel gitu. Aku bahagia banget kalo makan ini.

Nah, saya sama ibu saya malah ga jago masak. Justru yang bisa masak adalah adek saya yang cowok. Adek saya ini jago kalo disuruh bikin sambel uleg. Mr. M naksir banget sama sambelnya. Pokoknya kalo adek saya bikin sambel, Mr. M girang deh. Pedesnya nonjok.

Oh ya, tante sama adek saya mau buka depot soto daging nih. Masih persiapan.

Kalo di rumah mertua, selain saya suka sama soto ayamnya, saya suka juga sama kothokan iwak Pe. Gak tau, ini nama dalam bahasa Indonesia nya apa. Pokoknya kuahnya pedes berkilat-kilat nikmat. God, aku ngiler ini bayangin ikan Pe pedeeesssss.  Yak apa ini, mertua udah lama ga masak Pe. Apa perlu dikodein ya 😛

Apaan sih ini…saya nulisnya sambil laper laper gini. Hahahaha.

Kalau kalian gimana? Masakan rumahan mana yang selalu bikin kangen? Apalagi buat kalian yang sekarang udah pergi merantau jauh, yuk mencicipi kenangan bareng-bareng.

Xoxo,

Nana

 

26 thoughts on “Mencicipi Kenangan”

  1. Judulnya..mmm, bikin oengen mampir..hihi..

    Kalo saya, makanan yg memunculkan kenangan itu pastel kering isi abon. Itu biasanya dibikin sama ibu menjelang lebaran. Saya dulu suka bantu-bantu nyetak pake cetakan yg kayak gigi buatan itu..haha..

    Trus ada lagi, pencok kulit melinjo. Kulit melinjo digoreng garing, trus dikasih bumbu gula merah + cabe itu loh.. Duh kalo udah makan itu ngga inget deh kalo bisa bikin asam urat. Haha..

  2. nenekku juga jaman aku kecil dulu kue lebaran bikin sendiri semua, bertoples-toples. Udah gak pernah lagi makan tarcis buatan nenek. Tarcis yg atasnya dikasih selai stroberi. Kalo bentuk kekiniannya ya biskuit Selai o Lai itu ya. Hiks hiks jadi kangen pengen ngegigitin tarcis buatan nenek.

  3. Yummy semuaaa . Kalo aku yang memorable itu jajanan khas Klaten seperti : nasi gudangan (sayuran) iwak glepung (cuma gorengan tepung menggelembung ada potongan ayam dikit, sama wedang ronde. Kalo masakan leluhur ke ibuku dan adik2nya (tante2ku). Saya lagi2 penikmat sajiannya aja. Hoho

    1. mbak Frany asli Klaten?
      Itu yang familiar buatku kayaknya iwak glepung deh. ayam ditepungi trus digoreng, naah makannya dicocol pake saus sambel, atau pakai kuah asam manis kentel. enaaaakkk

  4. Na aku ga pernah isok mangan iwak Pe, gorokanku selalu panas. Padahal sebagai anak kosan sejati pada masanya, penyetan iwak pe itu juaranya haha. Tapi aku ga bisa makan. Akhire yo mangan penyetan tempe, terong plus iwak asin *gleggg!! Ibukku kalo bikin soto ayam kuahnya juga selalu bening, tapi aku kok selalu gagal ya haha. Weekend kemaren aku bikin soto (pengen tak pamer nang kene tapi gak isok insert picture *niaaatt haha), trus kukirim dengan bangga fotonya ke Ibuk berharap dapat pujian dari suhu masak. Reaksi Ibuk “iki soto opo Den, ayam opo daging? Soale warnane kok ga cerah. Di kek i kecap opo piye?” Aku langsung merasa gagal hahaha padahal bojoku mangan sampek nambah 2 mangkok. Saiki aku lagi kangen makan tajin palappa. Gampang sih kalau mau bikin sendiri, tapi gede malesnya haha dan di Belanda ga ada yg jual tajin palappa karena memang itu makanan madura.

  5. Bagi saya masakan yang dimasak ibu, semuanya enak. Jika menemukan masakan dengan rasa yang sama, memori saya langsung berputar ke masa kecil saat dulu bersama ibu.

    Dan masakan ibu tidak pernah bisa tersaingi.

  6. Masakan mama, semuanya aku kange. :(. Dan sayangnya bakat mama masak g ada turun k kita anak2 nya.. Semua masakan mama, kyk sayur plik u, gulai hiu, gulai ayam, dan segala macam makanan batak, bikin kgn pgn mudik ke kampung halaman di medan :(..

  7. Mbakeee… selamat yes dotcomnya. Tp aku bingung ini, baca dan nulis komen ga bisa dr app, muncul di reader cuma sedikit. Trus baca di browser kok mesti nulis email dkk, padahal udah log in wp. Tp emang begitu ya kalo selfhosted.
    Eeh.. maaf oot komennya. Ditunggu tsyurhat dan tsyeringnyah yaah.

  8. aduhhh.. nenekku dulu juga jago bikin kue, tapi yah bukan cookies, bakpao dan sejenisnya secara makanannya chinese abis.. haha.. plus kalau mau imlek kayak gini, bikin kue keranjang atau kue bakul, bisa sampe 20 kilo, banyak banget deh pokoknyaaa.. sekarang yah tinggal beli aja.. semenjak beliau udah gak ada, gak ada yang rajin bikin2 lagi..

Tinggalkan Balasan