Jadi jadi jadiiii….saya beberapa hari ini maemnya yang pedes-pedes teroos, minumnya kofi teroooss. Sabtu maem tomyam pedes, hampir semingguan maem pentol isi cabe, tiga hari berturut-turut maem coklat, maem ayam yang pedesnya naudzubillah. Lalu gongnya hari Selasa kemarin kumatlah si maag ini. Heuheuheu.

Jadi, pas lagi minum kopi baru abis setengah cangkir, eh kok tiba-tiba ni perut jadi melilit. Mulut rasanya pait. Dan eneg parah. Dompet berdarah-darah ??? *it rhymes beibeh*

Lalu, mulai deh. Apa yang saya makan, apa yang saya minum, langsooong keluar semua. Abis gitu lemes. Abis gitu ngrasa kedinginan parah.

Sekitar jam 3 sore, saya putusin pulang aja deh. Pesen ojek online. Dapat driver yang preett. Jemputnya lama. Ada kali lima belas menitan. Abis gitu doi galak bener. Dan dikit dikit nanya : mbak masih jauh ya?

Iyaaaaa masih jauuuhhh…..rumah saya di pojokan Timbuktu sana paaaakkk

Nyetirnya ngawur pula. Jalan lobang dihajar bleh. Ini lama-lama babangnya yang saya hajar nih.

Setelah perjalanan yang berlangsung ngeselin selama hampir 1 jam, saya nyampe rumah. Langsung maem roti buat ganjel. Eh gak bisa, masih eneg aja dan rotinya balik keluar lagi. Pasrah aja deh.

Akhirnya dipake tidur. Lama-lama badan panas. Lama-lama perut makin panas. Lama-lama seluruh persendian saya ngilunya minta ampun. Dan Mr. M lamaaa banget ga pulang-pulang. Dia kalo Desember gini suka lembur sampe malem.

Itu saya sampe nangis-nangis di kasur. Nangis di depan kucing, yang yaaaa dia cuma bisa ngowoh sambil ngeong-ngeong aja liat saya nangis. Ck, tak membantu sama sekali. Malah nih yaaa malah, si kucing dateng ke kamar saya sambil bawain saya cicak. Ainow, itu semacam kado untuk menghibur hatiku. Tapi mbok ya pliss, Cing, tak adakah yang lain selain cicak markicak?

Pliss ?
Plisssss ?
I beg you, Cing….

Sekitar jam 10 malem, baru Mr. M dateng. Langsung saya dikompres, dipeluk-peluk. Trus dibeliin obat. Duuuhhhh….ailafyuh Mr. M. Tapi karena saya masih panas dan ga tahan sama sakit perut yang makin melilit, maka sekitar jam 11 malem capcuss ke rumah sakit.

Ini dilema juga. Kita nyari rumah sakit X yang entah kenapa wallahualam kok gak ada. Apa mata siwer apa gimana ya? Sampe diputerin 2x itu rumah sakitnya ga ada. Padahal kami pernah liat siang-siang itu rumah sakitnya ada terpampang nyatah. Akhirnya diputuskan ke rumah sakit lain yang terdekat.

Pikiran saya udah horor-horor aja nih. Takut kalo tipes balik lagi. No way!

Diresepin obat sama dokternya. Dan dokternya bilang, besok cek darah aja.

Okeee pulanglah kami.

Sampe rumah, obatnya saya minum (yang buat maag). Dan eerr..setelah itu baru saya bisa tidur nyenyak.

Besoknya, ga kerja. Tidoooorrr seharian. Maem bubur. Minum obat.
Pokoknya udah niat, kalo masih panas kudu cuuussss cek darah.

Dan baru kali ini sakit tapi kudu ngerawat diri sendiri. Hiks.

Pas Mr. M pulang sekitar jam 10, saya udah tidur. Kebangun jam 11an dan uwuwuwu udah diselimutin dan posisi tidurnya dibenerin segala macem.

Abis gitu, saya janji janji sama Mr. M buat ga maem pedes lagi, ga minum kopi dulu, maem tepat waktu.

Faktanya?
Sekarang saya lagi maem sushi pake saos. Hiks aku tak kuasa menolak godaan si sambel cabe.

Moga-moga maagnya ga balik ya.
Beneran deh ga enak. Kata temen saya yg dokter, jangan konsumsi obat maag secara terus menerus. Why? Bekos of karena, bisa nyebabin batu ginjal.

Duluuuuu….waktu jaman kuliah, saya pernah 2x telat maem dan berujung opname di rumah sakit.

Hayok kamu yang di sana, udah maem belom?

Ada yang punya maag akut kayak saya gak?

15 thoughts on “Asam Lambung Naik”

  1. aku dong dulu pernah, asam lambung sampe infeksi usus. haisssh sakit kok bangga ????. alhamdulillah ga sampe dirawat sih, cuman beberapa jam observasi di igd beberapa jam setelah disuntik obat yg bikin perut enak banget. tau deh itu obat apaan deh.. hahaha ????

  2. Eh iya juga ya, asam dan basa jadi garam, makanya tak boleh makan obat maag kebanyakan. Jadi ingat pelajaran Kimia SMA deh, hehe. Kalau sekarang mudah-mudahan sudah baikan banget ya Mbak. Semoga tidak kumat lagi deh sakit maagnya. Ya cuma kalau masih bandel ya wassalam, mudah-mudahan kalau kumat ya nggak parah deh :p. Sepertinya Mbak emang penyuka pedas kelas berat ya? Sama, saya juga sih, haha. Kayaknya nggak afdol banget kalau makan tanpa sambal atau bubuk cabe.

  3. Aq ada kok.
    Asam lambung tinggi malah.
    Jadi ga bs asal makan sembarangan.
    Ga boleh makan santan ketika perut kosong, ga bisa minum kopi
    Pokoknya dua yg itu aja dihindarin.
    Sisanya maaah bebaaaas makan pedes hajaaar bleeeh!

  4. Kalau aku biasanya pas lagi stress, asam lambung melambung banget dehhh… tapi untungnya masih bisa minum obat.. Kalau sampe kudu opname sih memang dah parah.. Teman aku ad ayang sering banget di opname gara2 sakit asam lambung gini.. Get well soon yah Na..

  5. Dulu waktu ngekos aku maag sampe luka & infeksi -_-” maklum lah anak kosan, males makan. Sekarang sih Alhamdulillah jarang maag kecuali kalau emang lagi ‘nakal’ telat makan krn sok sibuk kerja. Jaga diri sendiri dong Na! Maag itu ngga enak iih, ayo jgn nakal2 lagi ya :p

  6. Jangan telat makan lg mbak dan jangan stress. Aku jg ada sakit maag, baru aja kambuh pas hari onde tgl 21 kemarin, gara2 asyik bikin onde trus perut laper dibiarin. Selesai bikin onde langsung makan banyak2. Karena ondenya dr ketan dan makan dlm perut kosong ya jd kambuh deh. Aku makan obat Dexanta. Sekali aja. Besok paginya sembuh.

  7. jaman SMP SMA na aku maag akut. Karena stress pelajaran tiap hari kok yo berat bener ya, makanya suka stress kalo belajar buat ulangan/ujian. Ujung2nya maag kambuh. Pernah waktu SMP sampe ga bisa makan samasekali karena muntah terus dan aku begging2 ama ortuku minta diinfus/diopname aja. Alhamdulilah gak dikabulin hehe.
    Sekarang udah beranak dua malah gak pernah kambuh, karena hidup bahagia kali ya? Gak mikir pe-er, ulangan, ujian, tugas akhir endesbre endesbre….hehe

  8. Aku hampir tiap hari makan kudu pedes, tapi aku ndak suka kopi dan ndak punya maag. Selama ini masih aman2 aja sih perut.

    Moga sekarang udah sembuh ya mba nanaaa! Aku sih pokoknya kalau makan pedes, mengusahakan untuk gak minum yang aneh2. Cuma air putih aja, ehehe.

  9. DUlu pernah mbak, waktu lagi patah hati saya tukak lambung akut dan tipes sekaligus..
    dan itu emang gak enak banget..
    akhirnya saya minum obat herbal cina gitu buat nyembuhinnya. lumayan sih abis itu makanan bisa masuk hehe

Tinggalkan Balasan