Haloo…lama iiih ga ngeblog. Kangen iih sama kalian boong banget ini

Kemarin saya habis jengukin temen kuliah yang barusan lairan. Eh ga barusan juga sih, wong si bayik udah umur 2 bulan. Mwehehehe. Karena kebetulan tempat tinggal kita sekarang satu kota, hayuklah dijenguk.

Lalu iseng-iseng lahirlah postingan iseng ini. Yakali aja ntar kalo saya lairan masih kompatible apa gak. Emang artinya kompatible apaan sih? *buka kamus*

Disclaimer : Postingan ini ditulis oleh seseorang yang belum pengalaman punya bayik. Saya memposisikan diri sebagai pihak penjenguk aja. Jadi kalo ada yang salah, tolong dikoreksi yak 🙂

Waktu Yang Tepat Untuk Menjenguk Bayi

Naaah ini. Rada dilema juga sbenere. Kita sama-sama tinggal di satu kota kecil yang mana istilah gampangannya  tinggal ngesot doank udah nyampe rumahnya dia. Tapi duh sama-sama sok sibuk ihh KZL. Eh saya dink yang sok syibuk. Haha.

Jenguk bayi siang-siang?

Bagi saya itu big no no.
Kenapa? Ya karena saya nyadar diri aja. Ya karena itu waktunya istirahat, shhaayy. Saya aja kalo jam tidur siang keganggu bisa ngamuk-ngamuk ga jelas. Kalo ada tamu siang-siang biasanya saya juga suka bete. Haha.

picgifs-animals-cats-pets-3594032
pic source : here

Jenguk bayi sore?

Kalo si ibu dan si bayi, entahlah. Mohon pencerahannya pliss apakah kalian suka dijenguk di sore hari? Kalo buat saya, saya ga suka jenguk sore-sore. Kenapa? Karena sore hari itu waktunya bersih-bersih rumah! Waktunya nyapu, ngepel, nyiram tanaman, bikin teh anget, mandi. Dan kalo sore mungkin si ibu sibuk mandiin bayinya.

Trus kapan?

Kalo saya sih, milih abis maghrib aja ya. Saya rasa itu waktu yang sopan buat bertamu.

Jangan lupa bawain kado ya.

Pertanyaan Yang Diajukan Saat Menjenguk Bayi Baru Lahir

Naah ini, ini seperti jebakan betmen. Kalo jenguk bayi, kita pasti ngobrol dan tanya-tanya donk ya. Ga mungkin diem aja. Daaaann pertanyaannya itu-itu aja, yang mana mungkin si ibu udah KZL karena repeat jawaban mulu ????

1. Iihh bayiknya lucu, ganteng/cantik. Namanya siapa? Lahiran kapan? Di mana?
Pertanyaan standart.

2. Normal apa SC?
Mulai ada bibit-bibit war.
Kadang kalo saya nanya gini, ya karena emang pingin nanya aja. Ga ada maksud apa-apa kok, beneran. Maapkan kekepoan saya.

Kamu lairan normal? Ya alhamdulillah.
Kamu lairan SC? Ya alhamdulillah juga.
Wong sama-sama jadi ibu kok. Perjuangannya sama. Katanyaaaa….kan saya belum pernah ngerasain ???

Meski masih ada aja yang mengkotak-kotakkan soal ini di luar sana. Toh kalo pun normal ato SC bukan ngana juga yang nanggung biaya tagihan rumah sakitnya, kan? *etapi kadang saya juga nanya-nanya soal biaya lahirannya sih*

picgifs-animals-cats-pets-5111
pic from here

Lalu biasanya lanjut ke pertanyaan selanjutnya yang …… *saya pribadi jarang banget nanya ini karena bikin sensitip banget. Pernah saya jengukin bayi, trus ada yang nanya ini dan saya jadi ikutan KZL sama si penanya.

3. ASI nya lancar?
Kalo jawabnya lancar, alhamdulilah case closed.

Kalo jawabannya ga lancar, naaah iniii…sebagian orang nge-judge.
Kenapa ih ga lancar?
Paksa terus biar keluar, shaaayy. Jangan dikasi kendor.

Kalo ngasi saran yang mendukung sih gapapa. Tapi pliss jangan nge-judge. Kalo habis dijudge gitu, trus si ibu jadi makin stres gimana? ASI nya makin ga lancar gimana? Hayoloo ???

Ini saya pernah liat ibu baru melahirkan trus kena tembak pertanyaan gini komplit beserta judgingnya, sampe si ibu keliatan salting.

Trus apalagi ya ?

4. Kalo ibu bekerja ntar bapaknya anaknya sama siapa?

5. Kadang, kalo yang lahiran tinggal sekota sama saya, biasanya saya nanya dia kemarin kontrol ke RS mana ? Ke dokter siapa? Pasiennya rame gak? Perkiraan biaya? Biaya bisa dicover BPJS ga? Ga ada maksud apa-apa, toh saya juga ga bakal nge judge pilihannya dia. Saya suka nanya gitu karena buat referensi aja siapa tau ntar pas saatnya hamil, saya ada banyak pandangan atau udah ada bayangan mau konsul kemana.

Ya intinya kalo saya perhatiin obrolan pas jenguk bayi ya seputaran itu sih. Ada yang mau nambahin ?

Masa iya, saya jenguk bayi tapi si ibu saya ngajak ngerumpiin babang Ichang yang drama K2 nya bentar lagi mau tayang? Eh apa udah tayang ya? Kok saya cari di TvN belum ada sih?

Masa juga saya ngajak si ibu ngegosipin brangelina yang udah putus meski-anaknya-udah-6-ihh-banyak-banget-padahal-dulu-putus-dari-Jen-karena-ombrad-pingin-punya-anak-trus-katanya-sih-omBrad-slengki-tapi-ga-tau-lagi-bener-apa-engga-trus-tanteAngie-katanya-jadian-sama-omBroto. *eeh ini ngomongin Angie yang mana sih?

Kalau kalian pas jenguk bayi baru lahir, biasanya nanyain soal apa sih?
Trus, kalo kalian yang baru lahiran, biasanya ga suka topik obrolan yang kayak apa sih?

18 thoughts on “Menjenguk Bayi Yang Baru Lahir”

  1. Hahaha, aku justru males kl pada dateng abis magrib, cape shay! Dateng siang ngga papa karena si bayi lg bobo & eike bisa mandi, kl nangis titipin yg dateng dah yes.. Pertanyaan2 macem2 cukup dijawab dengan senyum, kemudian kasih dia buat gendong bayinya, sambil dibisikin itu orang pipisin or pupiin ya *emak dendaman* XD

    1. Ekwkwkw apa perlu post ini kuedit yak? Iih dasar postingan tak berdasar ???
      Abisnya aku ga suka kalo ada yg bertamu siang siang, ganggu jam bobo aku ??
      Aku ga brani gendong bayik baru lahir nih mbak ?

  2. Aku paling suka didatengin setelah jam 9 pagi dan sebelum zuhur, abis itu pliiiiz pulang yak, kan baby dan emaknya butuh istirahat. Paling ga suka ditanya? SC lagi? Kenapa? Daan jadi panjang ceritanya, sambil harap harap cemas die mo komen apa lagi yak ttg SC… Hehehe

  3. Aku maunya kalo dijenguk pas bayi lahiran mending diajak ngobrol soal Brangelina aja.. Tapi pas si Bear lahir, yg jenguk tuh udah mah gak info dulu sebelumnya eh pake menghakimi soal susu, c-section, badan gendut kayak masih hamil..dll.. Aku tegur lah mereka.. Kenapa sih gak cukup bilang “selamat ya.., semoga jadi anak soleh..” *curcol*

      1. Iya, Franny.. Sekitar 50% penjenguk kayak gitu..? Ibu baru melahirkan dikritik? tentu saja efek hormonal ini langsung beraksi, menegur keras orang-orang macam gini.. Maap ye, daku mah bukan orang yg mau dibully trus sok tegar tapi akhirnya nangis sendiri di pojokan..?

  4. Menurutku waktu yg pas itu sebelum zuhur jam 10 atau 11 pagi gitu deh. Pertanyaan tergantung sedekat apa sama ibu yg melahirkan. Kalo gak terlalu dekat ya sekedarnya aja. Kalo temen, ngobrolin yg seru2 aja soal perkembangan bayi.

  5. klo jam jenguk aku sih ga masalah mau kapan aja, pertanyaannya ya emang itu sih seputaran orang lahiran mah, abis mau apalagi, klo aku kebetulan ga papa ditanyain macam2 gitu, trus klo aku jenguk baby pun pertama yg aku tanyain pasti “ASI kan?” “harus ASI looh” “susuin aja teruuus, insyaallah lama2 juga banyak” soalnya aku fans fanatik ASI sih hehehe

    btw, baby dikasi kado, ibunya juga dooong, kasi ibunya baju menyusui *eeh hahaha* pokoknya jangan semua buat bayi deh, hehehe

  6. Baca ini pertama ngakak dulu, duh penghiburan banget bagi laskar lembur seperti saya ini, haha. Menurut saya sih kalau bertanya soal biaya juga nggak apa-apa ya, jadi kita yang berkunjung (sang bapak terutama) kan bisa siap-siap soal biaya lahiran. Cuma memang kalau masalah ASI dan segala macam itu agak pribadi, jadi sebaiknya tidak ditanyakan. Ya kalau juga memang ASI-nya ada masalah memang kita bisa bantu apa, kan nggak bisa bantu apa-apa juga.
    Ada kebiasaan unik dalam masyarakat di lingkungan rumah saya, kalau berkunjung ke bayi mesti bawa hantaran, minimal duit, katanya sebagai “bayaran” sebelum kita tamu bisa menyentuh bayinya itu. Nggak ngerti juga sih kenapa, haha.

  7. kalau aku biasanya pagi menjelang siang. antara jam 9-11 gitu. soalnya jam segitu pasti debay udah mandi atau udah micu jadinya anteng. ibunya juga udah rapi dan segeran habis mandi. apalagi minggu pertama pasca persalinan anak pertama. itu hecticnya ruarr biasa(pengalaman pribadi) plus jika ditambah nggak ada pembantu atau sodara yang bantuin jaga. hayati lelah, mbake…

    terus kalau pertanyaan seputar ASi sih biasanya nggak langsung ngejus eh ngejudge juga ya, biasanya kita sharing pengalaman aja. ngasih tips buat yang nggak lancar dan tentu saja ngasih tipsnya dengan cara sesopan mungkin dong.

    kalau perkara lairannya normal atau SC umum kali ya mbak di tanyain. aku dulu juga suka nanya-nanya sih. soalnya kita ngak bakalan tahu kita bakalan lairan dengan cara yang mana. meski kita maunya normal kalau Tuhan menghendaki SC gimana. terus kalau nanya soal dokter, biaya persalinan dll printilannya mah itu wajib. biar kita bisa ngira-ngira, celengan kita cukup apa enggak buat lairan di RS tertentu dan dengan pertolongan dokter tertentu geto…

    eh maap-maap lho mbakyu, komennya panjang kayak postingan…*peace* <3 <3 <3

  8. Kebiasaan di Belanda setelah bayi lahir: kirim kartu ke keluarga, teman & kolega. Di dalam kartu itu ada info nama, tanggal lahir & berat badan si bayi, alamat rumah, nr telp & email plus jam di mana ibu dan bayi istirahat. Jadi orang mengerti datang jam berapa. Dan biasanya pun janjian dulu sebelum datang.

Tinggalkan Balasan