Edisi kali ini mau ngomongin soal sudut baca ya. Beuugh…rumah seciprit aja gegayaan mau bikin sudut baca. Wkwkw indak apo apo. Meski rumah cuman sekotak dusta dan masih ngutang, tapi tetep kudu dijadiin sarang yang nyaman donk. Setujes?

Enyunouwat, saya cuma punya satu ruang tengah di rumah yang multifungsi syekali. Jadi ruang tamu oke, ruang keluarga iye, ruang makan pun hayuk. Maklum, derita rumah kecil, dari pintu depan koprol-koprol aja udah nyampe pintu belakang :))) Sejak jaman Flinstone dulu, saya pingin suatu saat nanti punya semacam perpustakaan mini atau minimal sudut baca di dalam rumah. Entahlah, pingin aja menumbuhkan budaya membaca di dalam keluarga.*apeeeuuu*

Bayangkan saja, kamu berdiri di tengah-tengah ruangan dengan rak kayu menjulang tinggi hingga ke langit-langit, yang mendekap erat berkubik-kubik buku. Aroma pelitur dan kertas usang menguar menyesaki pernapasan. *apalagi ditemani sama babang* Duh, romantis gak sih rasanya 😛

cat-718936_960_720
mau baca buku ditemenin abang, dek ?

Sebelumnya, sempet terngiler-ngiler dengan ratjun-ratjun di pinterest. Jadi, mari kita bikin semacam moodboard pemantik ide.

See.. ruangan kecil aja bisa jadi sudut baca yang kece kan ?

sumber : pinterest

 

Kalo diliat-liat, benang merah berbagai sudut baca di atas ada pada tempat yang nyaman dengan pencahayaan yang bagus. Mari kita ciptakan sudut baca di rumah dengan budget sederhana. Ga usah berbudget mahal, ga usah bela-belain beli furniture baru yang kece demi scene instagramable,  cukup manfaatkan furniture yang sudah ada saja. Meski kalo saya punya duit lebih juga bakal pingin borong sofa lucuk ke informa sih. *saya mah anaknya gitu, ngomongnya begini kelakuannya begono* :)))

sudut baca

 

Laluuuu…mari kita lihat apa yang saya punya di rumah.
1. Coffe table.
Ini meja hasil ngerampok dari rumah kakek. Dulu warnanya udah pudar. Biar keliatan kece lagi, Mr. M melapisinya dengan cat warna coklat tua. *sayang, saya ga punya foto meja sebelum di make over*

2. Kotak kardus bekas sepatu.

3. Gelas kaca yang udah tidak terpakai.
Ini sebenernya gelas kesukaan saya, cuma karena waktu nyuci kebentur dinding, jadinya kacanya retak dan gak mungkin donk dipakai lagi. Akhirnya saya tulis-tulisin deh tu kacanya biar keliatan beda dan menyamarkan letak retaknya.

4. Kotak kardus bekas gelas.

5. Kertas kado.
Optional, tergantung seleres yey.

Jadi, coffee table saya letakkan di sudut ruangan. Sebelumnya si meja ini diletakkan di tengah ruangan dan sudut sebelumnya berupa sudut mati. Alias tidak dipergunakan untuk apa pun. Maka saya letakkan saja mejanya di sana. Semata-mata memanfaatkan sudut dan agar ruangan terlihat lebih lega.

Nah, di bagian bawah meja ini ada semacam rak yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan buku. Buku yang sedang saya baca, saya masukkan ke dalam kardus bekas sepatu. Seharusnya, boleh kok kotaknya dilapis kertas kado. Tapi karena warna hitamnya terlihat ‘oke’ di mata saya, dan juga karena menyesuaikan tone warna meja kayu, maka saya biarkan saja si kotak ini apa adanya.

Atur di atas coffe table.

Daaan voilaa….ada sudut baca di #TheMuhandokosNest

Karena ruangan ini juga difungsikan sebagai ruang tamu, maka sisakan sedikit space di atas coffe table sebagai tempat menyajikan minuman dan camilan ringan untuk para tamu yang berkunjung. Lagian, kami jarang menerima tamu. Rumah kecil mah udah kodratnya berbagi fungsi ruang :p

Gimana dengan kalian, punya sudut baca di rumah gak?

68 thoughts on “#HouseTalk : Sudut Baca”

  1. huaaa…cakep mba sudut bacanyaa..aku baru pindahan kemaren jadi buku2 blom dikeluarin dari kardusnya.. 😀
    pengen sih punya perpustakaan pribadi dirumah dan punya sudut baca jugaaa… hope someday bisa terwujud deh..

    1. yang dari pinterest ya? iya cakep ya. bikin mufeng berat :))
      hihihi harta karun di dalam kardus donk mbak 😀 dulu, waktu aku pindahan, banyak bukuku yang ilang mbak. sedih 🙁

      1. hhihi..yg rumah mba nana…yg di pinterest mah emang cakep.. 😀

        bukuku banyakan dirumah ortu sih mba, disini cuma satu kardus doang.. 😀
        skg udah jarang beli bku, harga buku makin mihil 🙁

  2. berhubung tinggal di kost yang semenel doang, sudut bacanya ada di samping tempat tidur, tempat bukunya pake rak sepatu yang gak kepake. :’)))))) sedih ga Kak? hahaha #KoinPeduliAtabeliRakBuku

  3. keren naaa… aku sudut bacanya di mana yaaa?? dimana aja kayanyaaa :)) etapi ada rak buku gantung di atas kasur.. masalahnya, aku takut kalo suatu saat rak gantung ambrol, trus kena kepalaku.. kan sayaaang :((

  4. Suduuuut bacamuuu rapi mbak :3 sukaaaa 😀 nyaman pasti ya 😀 apalagi bisa buat ruang tamu, nyaman lah tamunya ngeliatnya 😀

    besok kalau aku membina rumah tangga sama Pevita Pearce, harus dipikirin nih sudut bacanya :3

  5. di rumah, udah ada semacem ya mba sudut baca. pake cushion2 kekinian, sofa sampe karpet. tapi ga pernah betah baca di situ. udahlah paling bener, bawa buku ke kamar. baca sambil mlotroog *apa itu padanannya 😀 * gitu. trus nyalain ac paling dingin. anteng deh anaknya 😀 😀

Tinggalkan Balasan