Disclaimer : sebelum mempublish postingan ini, saya terlebih dulu mikir-mikir panjang. Karena, saya pribadi nganggep ini bukan pengalaman etis yang oke oke aja untuk dibagikan. Tapi, ya sutralah. Sebagai pengingat kepada sesama wanita di luar sana, bagaimanapun penampilan anda, bahwa anda rawan sekali dilecehkan.

Saya nulisnya ini masih dalam keadaan mangkel. Kemarin sore sepulang kerja, saya nunggu dijemput sama Mr. M. Karena dia abis ada acara ke luar kota, jemputnya jadi agak lama. Saya nunggu di samping salah satu mall. Di trotoar tepian jalan yang emang rame banget banyak kendaraan lewat.
Di sebelah saya ada cewek, mbak mbak berhijab. Saya lagi bengong liatin jalan *dan akhirnya saya sadari, ini adalah satu kesalahan. Please stay focus saat kalian sedang sendirian berada di ruang publik*
Ada banyak motor yang lewat, lalu ada satu motor yang jalannya pelan-pelan. Bapak-bapak.

Karena saya lagi bengong dan blank, saya jadi ga sadar kalo dia lagi "pamer" sambil liatin saya dan mbak di sebelah saya. You know maksud I lah apa yang dipamerin.

Kaget donk? Tentu.
Teriak? Enggak.

Saya berusaha ga teriak atau apa. Langsung aja alihkan pandangan pura pura ga liat barang rongsokannya dia. Tapi saya langsung tolah toleh liat apa ada sesuatu di sekitar saya yang bisa dijadikan senjata kalau-kalau dia "nyerang" atau balik untuk berniat jahat. Sayangnya, gak ada batu atau apa pun. Dan karena ini pula, saya jadi niat pengen masukin cutter ke dalam tas, yang masih bisa dijangkau dengan cepat. Seandainya *amit amit* terulang lagi. Cukup acungin cutter ancem balik lalu teriakin dia : gue potong-potong lo!

Kejadian ini bukan kali pertama. Dulu, jaman masih di kantor lama. Ada laki-laki "riya" juga. Ceritanya saya lagi nunggu kantor buka, karena datengnya kepagian, saya duduk di depan. Ada motor parkir. Dan lagi-lagi waktu itu saya lagi bengong plus blank. Dibukalah "garasinya". Dan dia ngeliatin saya mulu.

Kaget? Ya pasti lah.
Teriak? Enggak.

Saya justru ambil batu gede, nyamperin dia, langsung aja itu batu saya timpukin ke dia. Yang terjadi selanjutnya?
Saya memaki dia. Dia kaget. Lalu dia kabur gitu aja.
Kenapa saya berani kayak gitu? Dengan catetan karena itu jalan gede,kantor sebelah udah ada satpamnya. Jadi kalo dia nyerang saya, saya tinggal teriak kencang.

Lalu kenapa saya gak teriak waktu dia show off?
FYI, para eksihibionis ini makin seneng kalo korbannya shock dan ketakutan. Makin korban terlihat lemah, maka makin puas lah mereka.

Saya gak mau donk kayak gitu. Lawan! Tapi jangan bonek ya, minimal punya sesuatu buat perlindungan diri. Dan kalian berada dalam jangkauan ditolong cepat oleh orang-orang di sekitar.

Well, saya sampe heran kenapa saya kudu ketemu orang macem gitu. Ya mungkin karena muka saya keliatan lemah kali.

fyi, saya berpakaian tertutup. Saya ga pake bikini. Kalo ada yang bilang korban pelecehan itu salah mereka sendiri karena pake baju mengundang, mungkin yang ngomong gitu butuh piknik.

Di rumah pada punya tv kan? Yg lagi marak berita apa, coba? *jangan jawab sidang bermuatan politis ya, saya ga mau bahas politik di blog ini*
Berita tentanga pelecehan, penistaan, dan rudapaksa.

Di luar sana ga aman. Paling ga, bekali diri kalian dengan sesuatu. Semprotan merica atau apa. Kalo semisal kalian lagi nunggu seseorang atau sesuatu dan di sekitar kalian sepi, coba melipir cari tempat keramaian. Jangan blank, stay focus. Pasang muka jutek aja sekalian.

Take care.

65 thoughts on “Hati Hati dengan Pelaku Tindakan Asusila di Tempat Umum”

  1. Sedih kalo denger banyak yg bilang pelecehan itu gara2 baju terbuka. Bukan orang lain dong yang diperbaiki tapi dimulai dr moral diri sendiri… kl memang moral bagus, digoda seperti apapun juga tetep gak goyah kan. šŸ™‚

  2. So sorry for the event that happened to you. Kayaknya tindakannya njenengan udha yang paling pas Mbak. Karena tanpa panik dan berasa gak ada apa-apa tujuan mereka pasti gak tercapai. Keren sharingnya. Semoga banyak yang baca.

    1. sampe hari ini saya masih parno, tadi pas jalan sendirian ke kantor, ada bapak-bapak berdiri di tiang listrik. sambil liatin. wooo saya langsung jalan cepet aja, ga mau noleh, dan udah siap-siap pegang cutter. ini mukaku yang terlalu melas ato gimana sampe sering ketemu orang mesum gitu

  3. Para wanita kayaknya memang perlu membekali diri dengan pepper spray atau semacamnya deh Mbak. Baru-baru ini kan ada berita pemerkosaan di JPO Lebak Bulus itu–mesti diakui keadaan kota sudah sangat tidak aman, menunggu tindakan cuma sifatnya sama sekali tidak preventif, jadi mending masyarakat bertindak sendiri. Bagaimanapun semua orang hanya ingin keamanan, kan.

    1. itu yang kejadian di pondok indah, bukan ? yg pelakunya akhirnya ketembak mati ?
      denger-denger, ada kejadian di angkot juga ya. doooohh serem kan serem kan šŸ™
      anak kecil yang kapan hari juga bikin heboh itu, dooh banyak orang sinting keliaran.
      moga-moga surabaya sini ga sampe seserem itu kejadiannya mas.

      1. Iya Mbak, seram banget kan, pelakunya saja melawan, semacam sudah tidak punya perasaan bersalah begitu :hehe. Waduh yang di angkot saya belum dengar Mbak :hehe. Iya Mbak, mudah-mudahan kejadian seperti itu tidak ada lagi, semua aman sentosa :amin.

      2. Wah serem mbak, pelakunya ketembak mati. Hmmm, baru baru ini juga di daerahku ada nenek-nenek yang ditusuk oleh orang tak dikenal. Nggak cuman asusila ajah sih yang perlu diwaspadai, apalagi untuk wanita. Setidaknya perlu membekali diri dengan ilmu bela diri akan lebih baik. šŸ™‚

  4. Nana, yang kamu lakukan sudah bener. Jangan panik dan gertak balik. Karena kalau korban panik mereka terpuaskan. Aku dulu pernah kena 2 kali di Sby. Pulang sekolah di sekolah komplek sana. Tapi memang dasarnya aku korak2 bergembira ya, jadinya pelaku kugertak balik, merekanya yang ngacir. Di Jkt pernah kena sekali di KRL. Aku bentak balik dia. Kalau untuk membekali diri pada saat keluar rumah, itu juga kulakukan sampai sekarang. Ini masalah kebiasaanku saja. Dulu kan cinta mati sama McGyver (duh, menunjukkan usia iki ngasih tau tontonan haha), dia kan bawa pisau atau silet tuh kemana2. Aku akhirnya ikut2an bawa silet (atau pisau kecil) kalau kemana2. Eh berguna juga.
    Thanks for sharing the story Na. Semoga kedepannya ga kejadian lagi di kamu atau pada siapapun. Semoga orang2 kayak mereka punah dari muka bumi.

    1. eerrr…aku dulu juga liat film MGyver kok mbak. diputer Jumat malem kan ? *lah, pada ngaku umur šŸ˜€ *
      kalo di transportasi massal, aku pernah kena di bus mbak. tanganku dipegang-pegang. sayangnya waktu itu aku masih penakut, jadi cuma kupecicilin aja pelakunya. untung ada bapak-bapak yang tau, beliau langsung berdiri di antara aku dan pelaku biar aku ga digangguin lagi.
      dan aku sempet ga sengaja liat bapak-bapak yang ga sopan sama mbak-mbak. karena keadaan bus kalo pagi kan padet sesek ya.
      btw, di Belanda apa ada juga orang sinting kayak gini, mbak Deny ?

      1. Ojok2 kene sak angkatan Na (haha tambah mbahas angkatan) Namanya kejahatan pasti ada dimana2 ya. Alhamdulillah sampai sekarang aku masih aman2 saja di Belanda. Padahal sering pulang sendirian sampai jam 12 malam naik tram trus lanjut jalan sendiri ditempat gelap gitu. Ga mau congkak, tapi mudah2an aman seterusnya. Disini polisi gampang ditemui kalo dikeramaian, jadi kalo ada orang sinting macam gini yakin pasti ditangkap.

        1. pokoke film McGyver, Knight Rider, dan The A Team iku jamanku SD *malah diteruske mbahas angkatan*
          alhamdulilah kalo di sana aman-aman aja. kalo di sini, pulang jam segitu wes deg deg serr lah mbak. kapan hari itu lagi musim begal motor, dan mereka bisa sadis banget. sepertinya, kalo di sini bukan hanya orang sinting aja yang problem, bandit juga jadi problem.

          1. Suwun Na, Insya Allah. Dungo dinungo. Ngerti aku rasane ga aman nang kota2 besar nang Indonesia. Jakarta, Sby dan sekitarnya rawan tindak kejahatan, dan nekad pula pelakunya. Dirimu yo ati2 yo kapanpun saatnya.

    1. iya mas. dan para pelaku ga melulu berpenampilan ‘korak’ lho, ada juga yang berpenampilan rapi šŸ™
      yaaa…karena dia emang punya penyimpangan. mungkin ada trigger di masa lalu hingga dia jadi kayak gini.
      kalo gitu, jadi kasian sama anak-anak di sekitar lingkungan pelaku. takutnya mereka berpeluang besar jadi korban, dan mungkin…bisa jadi pelaku juga di kemudian hari. ini seperti mata rantai yg susah diputus.

  5. Aq pernah mbaaa kena liat itu ???
    Ceritanya sama persis lagi nunggu dipinggir jalan.
    Kalo aq kejadiannya pas lg nunggu dijemput adekku di depan rumah sakit,wkt itu mama abs operasi dan ceritanya mau pulang ke rmh.
    Pas lg nunggu adek, ada bapak2 naik sepeda berhenti di depan aq. Tadinya aq nggak ngeh kalo dia liatin itunya.
    Aq baru ngeh pas mikir kok dia lama banget duduk diatas sepedanya,ga jalan2.
    Dan pas aq liat..anjiiirrr nih orang sarap nunjukin bgtu.
    Reaksi panik tapi teriak juga engga.
    Berusaha stay cool dg cara pergi pelan2 balik lagi masuk ke lobby rumah sakit.
    Rasanya liat bgtu?!pengen nangis ???? takut plus trauma.

      1. Iya kakk huhuhu.. *peluk balik
        Amit2 jgn smp kejadian lagi..serem
        Karena pelaku exhibitionis itu bs ada dmn aja dan herannya kok bs santai gt nunjukin ke perempuan ditempat umum ??
        Jadi kepikran buat beli semprotan merica deh..

  6. Mengerikan memang org2 gila ini skr ya. Aku selalu bawa semprotan merica dan kalau gak sama Matt biasanya aku menghindari bgt jalan sendirian kayak dulu pas masih sendiir. Setelah kejadian v grab di surabaya aku masih parnoooooo bgt

  7. Ping-balik: Waspada. | Ceri(a)ta
  8. huhuhu aku juga pernah jd korban gitu. Pas msh SMA dan liat pertandingan voli, rame banget padahal, dibelakangku ada bapak”, eh malah gesek”in itunya ke paha. Serem banget. Teriak? Engga. Mlipir pergi, sok cuek, padahal jantung deg”an. Ga mau inget”, tp baca postingan ini jadi keinget hiks hiks šŸ™

    1. so sad mbak šŸ™
      kalo pengalaman mbak ini, saya pernah liat ada mbak-mbak yg digituin sama bapak bapak di bis yg padat penumpang šŸ™
      ternyata banyak ya pengalaman ga menyenangkan kayak gini šŸ™

  9. tfs…meskipun bukan pengalaman yang mengenakkan BANGET! aku pernah nih pas SMA, kok ya apessss banget…pertama kali iat barang ajaib itu bukannya yg asik2 malah momen kek gt duh -_-
    Skrg aku kapok, tiap di tempat umum ada cowok aneh dikit aku ogah merhatikan. Hati2 ya buuuu, smoga kita selalu dilindungi dari hal2 nggak mengasikkan kek gini..aamiin

  10. Mba nana berani. Tapi emang semestinya para wanita harus berani, dan tetap harus dibekali sesuatu untuk pengamanan.
    saya gak begitu tahu dengan berita di tv, udah lama gak nonton tv :(. Tahunya dari sini banyak kejadian asusila ?

    Oh iya salam kenal ya Mba Nana. Ini nampaknya kunjungan saya yg pertama šŸ™‚

  11. astagfirullah, jadi inget kejadian waktu smp dulu, dulu pernah ada juga bapak2 yg gitu di angkot, asli shock parah, pertama ga ngeh, asik ngobrol, tapi si temen ngobrol malah diem aja dan jutek, ternyata ada dedemit, untung pas emang udah waktunya turun taunya, akhirnya langsung teriak minta turun, hiiiyyy
    ya allah, kok ada ya orang jahat ky gtu?

  12. Ternyata banyak kejadian seperti ini ya mbak Nana, pas ngebaca komen2 lain, juga gak sedikit perempuan yang mengalaminya.

    Mungkin karena saya gak tinggal di kota besar, jadinya gak begitu tahu. Di Mesir, mungkin karena penghormatannya kepada perempuan begitu besar, sehingga saya rasanya belum pernah denger2 kejadian kek gitu. Paling banyak berita masalah pencurian yang paling marak. Tfs

    1. iya, di sini mungkin lebih karena korbannya ga speak up kali ya *seperti saya dulu*. mau lapor, lapor kemana, buktinya apa šŸ™
      senang sekali kalo lingkungan sangat menghargai perempuan šŸ™‚
      take care ya , mas Assa šŸ™‚

  13. Perilaku seperti itu salah satu penyebabnya mungkin akibat terlalu mudahnya mengakses situs2 porno di internet. Pornografi merusak otak mereka. Ini ancaman serius terutama bagi anak-anak.

    1. Nah, bisa jadi seperti itu. Situs porno mudah diakses, bahkan mudah dijangkau juga oleh anak-anak. Gini, kalo ada 1 orang “sinting” seperti ini di lingkungan, bukan tidak mungkin dia “ngeracunin” anak-anak di sekitarnya. sudah banyak buktinya, di media sering diberitakan seperti itu šŸ™

  14. Ya ampunnn…. saya pikir yang kayak gini hanya di acara criminal mind gitu Na. So sorry to hear what happened to you, really…. Untungnya dirimu berani mengambil batu dan lempar itu Na. Sekarang jaman memang sudah agak berubah yak.

  15. Ping-balik: Harbolnas 1212 |

Tinggalkan Balasan