Apakah anda sering melihat iklan sirup bolak-balik tayang di layar televisi anda?
Apakah anda sering melihat iklan obat pereda maag juga sama wara-wirinya dengan iklan sirup?
Itu bukan berarti televisi anda channelnya lagi rusyak, taaaapiii itu adalah pertanda bahwa InsyaAllah sebentar lagi kita akan kedatangan ‘tamu super spesial’, Ramadhan :)))

Alhamdulillah, ini akan jadi ramadhan tahun ketiga saya menjalani puasa bersama Mr. Muhandoko. Uhuuii….
*kibas jilbab*
Apa sih persiapan buibu sekalian kalo mau puasa gini? Selain nyetok berbotol-botol sirup buat takjil *alibih*
Kalo saya sih yaaaa…. tentunya hati yang bersih :)))
*tsaaahh*
*pencitraan*

Kalo saya biasanya suka nyimpen stok jahe kering. Gak kering-kering banget sih, tapi lumayan kok kalo dibuat campuran minuman. Dan jatuhnya jadi lebih irit, daripada jahenya cuma digeprek doank.
How to :
1. Kupas jahe dari kulitnya, lalu cuci bersih.
2. Potong-potong menjadi potongan kecil secukupnya.
3. Blender tanpa air. (Pake blender kecil yang biasanya untuk bumbu).
4. Sangrai hasil jahe blender tadi hingga kering. Sarinya bakal keluar, kecium harum aroma jahe.
5. Simpan dalam toples higienis. Tutup rapat. Simpen di kulkas.

Naaaahh udah jadi deh jahe kering kita. Tiap sahur, saya biasa bikinin Mr. Muhandoko susu, trus dicampurin ama jahe kering ini. Gak usah banyak-banyak. Karena jahe kering ini jatuh rasanya lebih pedes daripada jahe yang digeprek biasa.

Apa manfaatnya? Jahe akan mencegah perut kembung dan masuk angin ketika perut kita kosong saat berpuasa. Apalagi buat yang aktivitasnya di dalem ruangan dan kena AC. Biasanya gampang banget masuk angin. Daaann….saat sahur hindari minum kopi dan teh. Karena tahu lah yaaa… kopi teh bersifat diuretik. Yang justru akan bikin kita hobi ke kamar kecil, jadinya bakal mengurangi cadangan air dalam tubuh. Padahal kan kita gak makan minum selama hampir 15 jam. Eh bener gak sih kalo puasa taun ini kabarnya bakal jadi 15 jam dengan suhu udara yang panas dan kering? Yaa…. jangan lupa kalau pas sahur minum air putih yang banyak deh, sesuai kebutuhan biar tubuh kita gak dehidrasi.

Untuk lauk pas sahur, biasanya malemnya bahan-bahan udah saya siapin, potong-potong. Jadi pas bangun, udah deh langsung cemplung cemplung aja biar cepet. Masak nasi juga malem, sebelum tidur. *istri praktis anti rempong*

Lalu lalu laluuuu….. kalau pas bukanya gimana? Naaaahh…. saya sama Mr. Muhandoko kan kerja. Baru sampai rumah biasanya jam 7 malem :/
Ada opsi kita bakal gerebek masjid, yang nyediakan buka gratis :)))
*dasar kelakuan*
*lah kan sekalian sholat maghrib*
*alibih*
*modus*
*padahal pengen ngirit*
*nyarinya yang gratisan*

Trus ada opsi kedua, kemarin pas ngobrol-ngobrol ditawarin mamih mertua kalo mau buka puasa di rumah mamih ajah, kan rumahnya deket. Beda komplek doank…. rejeki anak sholeh :))))

Kebetulan di rumah mamih juga ada adik ipar yang selama hamil ini rencananya mau tinggal di sana. Seru aja kalo berbuka rame-rame kaaaann…

Naaah… kemarin juga si mamih sekalian curhat terselubung pengen beli baju buat lebaran. Biasanya yang nemenin ya si adik ipar ini, both of them are shopaholic :)))

Mamih  :” Mbak, gak pengen beli baju buat lebaran?”
Me.        :” Nggak.” *mantu kejem* *pelit detected*
Mamih   :” Oohh….”
Me.        :” Saya gak biasa beli baju lebaran buk.”
*pencitraan*
*soalnya saya emang gak suka belanja pas puasa*
*gerah* *jubelan* *mallnya penuh* *sumpek*
Adek ipar :” Sama aku ajaaa miiii… aku juga pingin beli. Pengen beli baju muslim baru.”

Langsung deh yaaa gak boleh, beragam wejangan pun disiarkan :))) hamil gak boleh capek, gak boleh gini gitu, bla bla blaa…

Karena saya males liat perdebatan tak berujung tentang ‘baju lebaran’  yang bahkan puasa aja pun belom dimulai sodara-sodaraaa, maka nyobalah nyari jalan tengah. Sekalian aja beli semuanya di satu tempat. Karena adik ipar gak boleh jalan-jalan dulu, sedang saya paling males kalo jalan pas puasa, ya sutralaaah yaaa mending belanja online aja. Saya sempet ngintipin produk-produk baju muslim di toko online Zalora
Ketjeh-ketjeh sih. Berasa elegan kalo dipake. Jadinya, kami kepoin displaynya Zalora.

Simple, praktis, terjangkau. Klik, bayar, dikirim ke rumah. Ditunggu sambil leyeh leyeh tjantik deh.

image

image

image

image

Mamih senang, adik ipar riang, menantu ketjeh pun bahagia :)))
Aah… Mr. Muhandoko emang gak salah milih istri kookk :p
Dirayu-rayu biar dompetnya terbuka lebar buat blanjain istrinya di Zalora. Yuuukk cuuuss :p

image

13 thoughts on “Persiapan Menjalani Puasa”

  1. WAhahahaha iya nih mbak, Iklan Sirup udah merajalela, tanda kita memang harus siap-siap puasa 😀 nanti kalau udah mau lebaran, gantian iklan matahari tuh dimana-mana 😀

      1. Wahahahaha iya pasti itu mbak 😀
        Diskon itu pasti 😀 tapi sama mbak, kita sepemikiran, kayaknya diskonan di mall itu harganya udah dinaikin jadi berapa kalilipan gitu ._. yah

  2. wah bagus2 ya bajunya, jadi kepo deh pengen liat, disini pengen pake baju lebaran wong gk ada yang silaturahmi juga ke rmh, gak ada yang liat kalo pake baju baru,,,wkwkwkwk

      1. di suguhin apa ya? kue lebaran gak buat, mau masak opor gak bisa (belum pernah buat sama sekali), mau kasih sirup gak ada yg enak2 macam di indonesia, hadeeeh ngenes banget deh, mending lebaran di indonesia aja 😛

  3. Yang jadi model di zalora kok cantik-cantik yaa..?
    Pantes gitu pake apapun..
    Kalo pas aku beli pasti ada aja yang dirombak bajunya. Biasanya karena kepanjangan dan harus dipotong bawahnya.. Haha nasib perempuan kurang tinggi.
    >_<

Tinggalkan Balasan