image

Lagi suka baca novel berbahasa inggris. Entah karena saya lagi mengalami pergeseran selera baca, ataukah ebook yang kebetulan bisa didapat dari e-library salah satu teman di klub buku surabaya semuanya berbahasa inggris 😀

Buku yang berhasil saya baca kali ini berjudul The Particular Sadness of Lemon Cake karya penulis Aimee Bender. Berkisah tentang gadis kecil bernama Rose. Rose punya kemampuan bisa merasakan “rasa sesungguhnya” dari sebuah makanan. Ia bisa merasakan kehampaan, kesepian, bahkan keputusasaan dari sepotong kue yang ia makan. “Rasa ajaib” yang timbul adalah perasaan sesungguhnya dari diri si pembuat makanan. Di sinilah Rosie bisa tahu apa yang sesungguhnya dirasakan oleh Ibunya, Lane.

Lane terlihat selalu ceria, tapi ternyata ada perasaan terdalam yang selalu ditutupi. Ayah Rose, tipe pria yang selalu berpikir dan bersikap : everything is okay. Dan Joseph, kakaknya yang terlihat asyik dengan dunianya sendiri. Sekilas, keluaga Rose terlihat normal tetapi aneh. Nah, lho.

Rose merasa bahwa ia mengalami semacam delusi. Merasakan “hati” dari si pembuat kue terkadang tidak selalu menyenangkan. Ketika ia merasakan ada kehampaan dalam sepotong kue yang digigitnya, maka ia seolah bisa merasakan kehampaan tersebut merasuk ke dalam jiwanya. *halah* :-p

Bagi kalian penyuka novel dengan penggambaran detail, maka siap – siap dimanjakan oleh narasi dalam novel ini. Saya jadi ikut membayangkan bagaimana the real taste of cake saat si Rose mengecap sepotong kue ke dalam mulutnya, menyentuh langit – langit di rongga mulutnya, lalu menyapunya dengan ujung lidah. Uhuuuy.

Ketika membaca novel ini di awal – awal, terasa agak membingungkan karena tidak adanya tanda baca petik alias “…”
Jadi, kadang merasa bingung. Mana yang narasi mana yang percakapan. Tapi lama kelamaan mulai terbiasa kok.
Empat bintang untuk novel ini, good job 🙂

Happy reading 🙂

2 thoughts on “The Particular Sadness of Lemon Cake”

Tinggalkan Balasan